Mengenal Pengertian dan Definisi Penyakit Asma

Dalam pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian dan definisi penyakit asma. Namun pertama-tama, ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu asal kata “asma” yang. Ternyata, nama asma berasal dari kata “asthma” yang artinya “sulit bernapas” di bahasa Yunani. Dari pengertian nama nya saja, sebetulnya kita sudah bisa menebak pengertian dan definisi penyakit asma ini. Namun, agar lebih jelas, akan kami terangkan dengan kalimat sederhana mengenai pengertian dan juga definisi dari penyakit asma.

pengertian dan definisi penyakit asma

pengertian dan definisi penyakit asma

Definisi dan Pengertian Penyakit Asma Secara Umum

Penyakit asma memiliki pengertian global yakni, suatu jenis penyakit gangguan pernapasan yang terkhusus pada paru-paru. Pengertian tersebut masih bermakna global. Untuk lebih mengetahui tentang penyakit asma, kita perlu mengetahui definisinya. Penyakit asma didefinisikan secara ilmiah sebagai penyakit radang kronik pada saluran pernapasan yang menyebabkan adanya peningkatan hiperesponsif pada jalannya pernapasan yang menyebabkan gejala episodik berulang seperti keluarnya bunyi “ngik-ngik” dari mulut, batuk batuk (terutama saat malam), dan dada terasa berat. Penjelasan tersebut merupakan penjelasan ilmiah mengenai pengertian dan definisi penyakit asma.

Setelah mengetahu tentang pengertian dan definisi penyakit asma, tentunya kita ingin tahu lebih dalam mengenai penyakit ini. Untuk itu, selanjutnya kami akan membahas mengenai gambaran umum mengenai bagaimana bisa seseorang terserang asma serta fakta-fakta yang perlu diketahui mengenai asma. Pertama-tama, mari kita mulai dengan apa yang terjadi ketika asma menyerang. Jadi, radang yang ada pada penderita asma disebabkan karena terjadinya penyempitan pada saluran pernapasan. Peyempitan terjadi karena seseorang melakukan aktivitas berlebih yang memberikan rangsangan tertentu. Rangsangan inilah yang menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan.

faktor utama penyebab penyakit asma

faktor utama penyebab penyakit asma

Penyakit asma bisa terjangkit oleh semua kalangan. Penyakit ini tidak mengenal usia, ras, atau jenis kelamin. Semua orang bisa terkena penyakit ini. Namun, salah satu hal baik mengenai penyakit asma adalah fakta bahwa penyakit ini tidak terlalu menakutkan. Hanya sedikit kasus saja yang menunjukkan tanda-tanda penyakit asma parah atau akut. Sisanya adalah mereka yang terkena asma ringan saja.  Penyebab asma bisa karena banyak hal. Namun mayoritas orang mengatakan bahwa penyebab utama penyakit asma adalah alergi.

Fakta Tentang Penyakit Asma

Selanjutnya, akan dipaparkan mengenai fakta-fakta yang dialami oleh para penderita asma. Fakta-fakta yang diambil kali ini berasal dari para penderita yang ada di Amerika. Hal ini dikarenakan banyaknya penderita asma yang ada di negeri paman sam tersebut. Fakta-fakta ini merupakan tambahan selain pengertian dan definisi penyakit asma. Berikut adalah fakta-faktanya:

fakta tentang penyakit asma

fakta tentang penyakit asma

  • Di Amerika, penyakit asma termasuk dalam daftar 10 penyakit yang memiliki jumlah pasien terbanyak yang di rawat inap
  • Ada lebih dari 20 juta penduduk AS yang terkena penyakit asma, 70% dari penderita asma tersebut terkena asma karena alergi
  • Pada rentang tahun 1980-1994, terjadi peningkatan penderita penyakit asma sebanyak 160% yang pengidapnya merupakan balita.

Nah, beberapa informasi diatas merupakan fakta-fakta yang ditemukan mengenai penyakit asma di negara Amerika. Fakta-fakta tersebut merupakan tambahan informasi selain pengertian dan definisi penyakit asma.

Loading...