Khasiat dan Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan. Salah satu jenis tanaman herbal alami yang selama ini dianggap remeh adalah tanaman ciplukan. Kenapa ciplukan dianggap remeh? Bagi sebagian besar orang yang tinggal di daerah perkampungan atau desa, tanaman ciplukan dapat ditemui hampir disemua tempat, bahkan tanaman ciplukan sering kali dianggap sebagai hama karena tumbuh liar. Bagi saya pribadi, tanaman ciplukan bukanlah hal yang asing, karena saya lahir di daerah pedesaan, maka pada masa kecil saya sering menemui atau bahkan memakan ciplukan ini. Rasa manis yang terdapat pada buah ciplukan memang sangat disukai anak-anak, meskipun begitu ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai khasiat dan manfaat ciplukan untuk kesehatan.

khasiat dan manfaat herbal tanaman ciplukan untuk kesehatan

khasiat dan manfaat herbal tanaman ciplukan untuk kesehatan

Tidak jauh berbeda dengan berbagai macam tanaman herbal, tanaman ciplukan saat ini sudah mulai dicari dan diburu karena memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan manusia yang sangat besar. Bahkan saat ini tanaman ciplukan mulai diperjual belikan diberbagai pusat perbelanjaan dan juga toko-toko obat kesehatan dengan harga yang cukup mahal. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagai informasi tentang khasiat dan manfaat ciplukan untuk kesehatan yang perlu untuk anda ketahui.

Sebagai tanaman obat herbal alami, hampir semua bagian tanaman ciplukan dapat dimanfaatkan dan berkhasiat untuk mengobati dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai khasiat dan manfaat akar, buah, dan daun ciplukan.

Khasiat dan manfaat akar ciplukan.

Bagian pertama dari tanaman ciplukan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal alami adalah akar ciplukan. Obat herbal alami yang terbuat dari akar ciplukan dipercayai memiliki khasiat dan manfaat untuk dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit diabetes melitus.

Khasiat dan manfaat buah ciplukan.

Sebagai jenis tanaman yang memiliki buah, buah ciplukan merupakan bagian utama dari tanaman herbal ini yang memiliki kandungan vitamin paling banyak. Buah ciplukan memiliki khasiat dan manfaat untuk mengobati dan menyembuhan berbagai jenis penyakit. Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat diobati dengan ramuan herbal buah ciplukan :

  • Mengobati penyakit ayan atau epilepsi
  • Mengobati penyakit paru-paru
  • Mengobati sakit tenggorokan
  • Mengobati sariawan dan gusi berdarah. Ini akibat adanya kandungan vitamin C yang begitu banyak yang terdapat pada buah ciplukan.

Khasiat dan manfaat daun ciplukan.

Bagian daun ciplukan ternyata juga memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan yang tidak kalah hebatnya. Berikut ini penjelasan mengenai khasiat dan manfaat daun ciplukan untuk kesehatan.

  • Sebagai obat kanker alami. Dalam beberapa penelitian medis, ditemukan fakta bahwa daun ciplukan terbukti mampu melawan dan membunuh sel-sel kanker. Memang daun ciplukan tidak bisa langsung menyembuhkan kanker, namun penggunaan daun ciplukan sebagai obat herbal, dapat memperlambat perkembangan sel kanker, dan secara perlahan menghancurkan sel-sel kanker yang berkembang.
  • Sebagai obat alami untuk mengatasi bisul.
  • Sebagai obat alami untuk mengatasi borok.

Khasiat dan manfaat ciplukan secara umum.

Selain memiliki khasiat dan manfaat yang terkandung dalam setiap bagian tanaman, secara umum tanaman ciplukan juga dapat digunakan sebagai obat herbal berbagai jenis penyakit.

  • Mengatasi tekanan darah tinggi
  • Untuk mengatasi penyakit reumatik
  • Mengobati masalah batuk rejan
  • Mengobati bronchitis
  • Mengobati penyakit gondongan
  • Mengobati pembengkakan pada buah pelir untuk kaum laki-laki
  • Mengobati influenza
khasiat dan manfaat akar buah dan daun ciplukan untuk mengobati berbagai jenis penyakit

khasiat dan manfaat akar buah dan daun ciplukan untuk mengobati berbagai jenis penyakit

Kandungan yang terdapat dalam tanaman ciplukan.

Berbagai khasiat dan manfaat ciplukan untuk kesehatan yang sudah dijelaskan diatas disebabkan karena banyaknya kandungan vitamin dan gizi yang terdapat dalam tanaman herbal ini. Tanaman ciplukan mengandung vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, polifenol dan lain sebagainya yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu tanaman ciplukan juga berfungsi sebagai antibakteri, anti aflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun dan anti hiperglikemi.

Cara mengolah dan membuat ramuan herbal ciplukan.

Berikut ini panduan cara membuat dan mengobal tanaman ciplukan sebagai obat alami berbagai jenis penyakit yang perlu anda ketahui.

  • Ramuan obat herbal diabetes melitus.

Bahan yang dibutuhkan adalah satu batang tumbuhan ciplukan utuh. Cabut tumbuhan ciplukan beserta akar-akarnya dan dibersihkan. Adapun cara membuat ramuannya adalah sebagai berikut. Bahan yang sudah disiapkan direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas saja. Setelah dingin disaring. Minum air rebusan satu kali sehari.

  • Ramuan obat herbal sakit paru-paru.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu tumbuhan ciplukan utuh dengan akar, batang, daun, bunga dan buahnya. Bahan herbal dibersihkan dengan air mengalir kemudian direbus dalam 3-5 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan disaring. Ramuan diminum 3 kali sehari, masing-masing satu gelas.

  • Ramuan obat herbal borok.

Bahan yang diperlukan adalah satu genggam daun ciplukan dan 2 sendok air kapur sirih.  Tumbuk semua bahan hingga halus, kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

cara mengolah dan membuat ramuan herbal ciplukan sebagai obat alami berbagai penyakit

cara mengolah dan membuat ramuan herbal ciplukan sebagai obat alami berbagai penyakit

Demikianlah informasi seputar kesehatan mengenai khasiat dan manfaat ciplukan untuk kesehatan, beserta dengan cara mengobal dan membuat ramuan herbal ciplukan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel kesehatan tentang khasiat dan manfaat ciplukan untuk kesehatan ini kepada kerabat anda.

Loading...