Kenali 10 Penyebab Wanita Terlambat Datang Bulan

Kenali 10 Penyebab Wanita Terlambat Datang Bulan. Datang bulan atau menstruasi adalah siklus alami yang dialami oleh semua wanita dewasa. Setiap wanita memiliki siklus atau jadwal menstruasi yang berbeda-beda. Secara umum siklus menstruasi atau datang bulan pada wanita yang normal dan sehat terjadi dalam kurun waktu 21-35 hari, dihitung dari hari pertama menstruasi saat ini, hingga hari pertama menstruasi berikutnya. Pada kondisi normal, siklus menstruasi atau datang bulan pada wanita akan berulang setiap bulannya dan dalam waktu yang hampir sama, namun terkadang terdapat kondisi dimana wanita memiliki siklus menstruasi atau datang bulan yang tidak menentu. Yang paling sering terjadi adalah kondisi dimana wanita mengalami terlambat datang bulan, dimana siklus mentruasi atau datang bulan tidak sama dengan bulan yang sebelumnya. Bagi sebagian besar masyarakat diyakini bahwa jika seorang wanita terlambat datang bulan merupakan tanda dan gejala kehamilan awal. Namun ternyata ada faktor lain yang menjadi penyebab wanita terlambat datang bulan. Apa saja itu? Simak ulasan lengkap berikut ini mengenai 10 penyebab wanita terlambat datang bulan.

penyebab siklus menstruasi terganggu dan wanita terlambat datang bulan selain kehamilan

penyebab siklus menstruasi terganggu dan wanita terlambat datang bulan selain kehamilan

Penyebab wanita terlambat datang bulan selain kehamilan

Meskipun terlambat datang bulan merupakan salah satu ciri awal kehamilan, namun ternyata tidak semua masalah terlambat datang bulan disebabkan oleh terjadinya kehamilan. Beberapa faktor dapat menjadi penyebab seorang wanita mengalami terlambat datang bulan atau menstruasi. Berikut ini adalah informasi tentang beberapa faktor penyebab wanita terlambat datang bulan yang perlu anda ketahui.

  • Stres

Salah satu faktor penyebab wanita terlambat datang bulan adalah karena mengalami stres. Kondisi stres banyak dialami oleh wanita yang memiliki rutinitas dan aktifitas yang padat, misalnya pada dunia kerja. Terjadinya stres pada wanita dapat mengganggu kestabilan hormon dalam tubuh dan juga bagian otak yang berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi atau datang bulan (hipotalamus). Selain itu stres juga dapat menyebabkan terjadinya penurunan maupun kenaikan berat badan secara tiba-tiba yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi atau datang bulan pada wanita. Untuk dapat mengatasi masalah terlambat datang bulan yang disebabkan oleh kondisi stres, anda dapat rutin berolahraga, serta merubah gaya hidup yang lebih sehat.

stres dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi terganggu

stres dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi terganggu

  • Obesitas

Obesitas atau kegemukan pada wanita dapat menyebabkan terlambat datang bulan. Bertambahnya berat badan secara berlebihan dan dalam waktu yang singkat dapat memicu perubahan hormon dalam tubuh wanita. Hal ini menjadi faktor utama penyebab terjadinya masalah datang bulan atau menstruasi yang sering dialami oleh wanita dewasa. Cara alami untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengatur pola makan sehat, dan juga melakukan program diet sehat untuk menurunkan berat badan secara alami. Dengan melakukan cara-cara tersebut maka masalah obesitas dapat diatasi dan kondisi hormon dalam tubuh akan kembali normal.

obesitas atau kegemukan dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi bulanan terganggu

obesitas atau kegemukan dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi bulanan terganggu

  • Berat badan turun

Selain masalah kegemukan atau obesitas, ternyata masalah berat badan yang turun secara drastis juga dapat menjadi penyebab wanita terlambat datang bulan. Biasanya penurunan berat badan secara drastis terjadi pada wanita yang memiliki masalah dengan nafsu makan seperti anoreksia atau bulimia. Wanita yang memiliki badan terlalu kurus akan mengalami masalah dalam siklus mensturasi atau datang bulan. Hal ini terjadi karena proses ovulasi (proses di mana salah satu indung telur melepaskan telur) akan terganggu karena kondisi berat badan yang tidak ideal dan dibawah normal.  Mengatur pola makan yang baik, serta memilih menu makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan adalah cara yang ampuh untuk mengatasi masalah ini.

masalah gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi bulanan tidak teratur

masalah gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi bulanan tidak teratur

  • Hormon prolaktin berlebih

Terjadinya masalah wanita terlambat datang bulan juga bisa terjadi karena produksi hormon prolaktin yang berlebihan. Jenis hormon prolaktin ini biasanya diproduksi secara alami ketika seorang wanita sedang dalam masa menyusui setelah melahirkan. Inilah alasan mengapa wanita yang menyusui tidak mengalami menstruasi atau datang bulan seperti biasanya.

  • Alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan juga menjadi salah satu faktor penyebab wanita terlambat datang bulan. Alat kontrasepsi seperti pil KB memiliki kandungan hormon estrogen dan progestin yang dapat mencegah indung telur melepaskan sel telur. Selain pil KB, beberapa jenis alat kontrasepsi lainnya yang disuntikkan kedalam tubuh juga dapat menjadi penyebab siklus menstruasi terganggu. Untuk dapat kembali dalam kondisi normal, dibutuhkan wakut sampai 6 bulan setelah berhenti menggunakan alat kontrasepsi tersebut.

penggunaan alat kontrasepsi seperti pil kb dan suntik dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan terlambat datang bulan

penggunaan alat kontrasepsi seperti pil kb dan suntik dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur dan terlambat datang bulan

  • Sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Syndrome/PCOS)

Penyebab wanita terlambat datang bulan yang berikutnya adalah terjadinya sindrom ovarim polikistik (Polycystic Ovary Syndrome/PCOS). Yang dimaksud dengan PCOS adalah suatu kondisi dimana hormon yang mempengaruhi indung telur untuk memproduksi folikel sangat tinggi kadarnya di dalam darah. Folikel adalah kantong yang terbentuk secara alami sebagai tahap awal produksi sel telur. Produksi folikel yang berlebihan yang diakibatkan oleh tingginya kadar hormon dalam darah menyebabkan folikel tidak dapat menghasilkan sel telur seperti pada kondisi normal. Terjadinya kondisi PCOS ini biasanya ditandai dengan gejala siklus mentruasi atau datang bulan yang tidak teratur. Seorang wanita yang menderita PCOS ini akan mengalami kondisi dimana sel telur akan tertahan di ovarium, sehingga tidak dapat dibuahi.

polycystic ovary syndrome (PCOS) dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi bulananan menjadi tidak teratur

polycystic ovary syndrome (PCOS) dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan dan siklus menstruasi bulananan menjadi tidak teratur

  • Penyakit kronis

Siklus menstruasi atau datang bulan yang tidak teratur ternyata juga dapat menjadi tanda dan gejala terjadinya penyakit kronis. Beberapa jensi penyakit seperti diabetes dan penyakit celiac dapat menjadi pemicu wanita terlambat datang bulan. Kadar gula darah yang tinggi sebagai gejala penyakit diabetes dapat menyebabkan wanita terlambat datang bulan. Sementara itu, peradangan yang terjadi pada usus kecil yang disebabkan oleh penyakit celiac dapat menganggu proses penyerapan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh, hal ini juga dapat menganggu siklus menstruasi seorang wanita.

  • Masalah tiroid

Terjadinya masalah pada kelenjar tiroid juga merupakan salah satu faktor penyebab wanita terlambat datang bulan. Munculnya masalah pada kelenjar tiroid yang berfungsi untuk mengatur metabolisme dalam tubuh dapat memicu terjadinya gangguan pada siklus mentruasi wanita. Beberapa ciri-ciri masalah kelenjar tiroid yang mudah dikenali adalah seperti mudah lelah, berat badan naik dengan drastis, terjadinya kerontokan rambut, serta sering merasa kedinginan. Jika anda mengalami beberapa gejala tersebut, maka bisa jadi terdapat masalah pada kelenjar tiroid anda. Untuk mengobati masalah kelenjar tiroid anda bisa menggunakan beberapa jenis obat-obatan yang terdapat di apotik dan toko obat, namun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika masalah kelenjar tiroid yang anda alami sudah teratasi, maka siklus menstruasi anda akan kembali normal seperti sebelumnya.

masalah pada kelenjar tiroid dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan menyebabkan wanita terlambat datang bulan

masalah pada kelenjar tiroid dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan menyebabkan wanita terlambat datang bulan

  • Menopause dini

Menopause adalah salah satu hal yang paling ditakuti oleh para wanita. Berhentinya siklus menstruasi secara alami pada wanita yang diakibatkan oleh menopause biasanya terjadi pada wanita usia 45-55 tahun. Namun pada beberapa kasus terdapat wanita pada usia sebelum atau pada usia 40 tahun sudah mengalami menopause ini. Hal inilah yang biasa disebut sebagai wanita mengalami menopause dini. Jika seorang wanita sudah memasuki masa menopause, maka siklus menstruasi akan berhenti dan tidak akan mengalami menstruasi lagi.

terjadinya menopause dini pada wanita dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur

terjadinya menopause dini pada wanita dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur

  • Menstruasi tidak normal

Faktor penyebab wanita terlambat datang bulan yang terakhir adalah terjadinya menstruasi tidak normal, misalnya darah yang keluar lebih banyak dari biasanya, dan juga berlangsung lebih lama. Bagi wanita yang sudah memasuki usia 40 tahun dan mengalami masalah seperti ini, maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Terjadinya menstruasi tidak normal pada wanita usia 40 tahun keatas bisa menjadi tanda dan gejala kanker endometrium, polip serviks, polip endometrium, atau kondisi prakanker (hiperplasia endometrium). Oleh karena itu, sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna memastikan kondisi kesehatan anda.

menstruasi yang berlebihan dan tidak normal dapat menjadi tanda dan gejala kanker serviks

menstruasi yang berlebihan dan tidak normal dapat menjadi tanda dan gejala kanker serviks

Itulah tadi informasi tentang faktor penyebab wanita terlambat datang bulan dan mengalami gangguan pada siklus menstruasinya. Bagi wanita yang sedang mengharapkan kehamilan, mungkin terlambat datang bulan adalah hal yang membahagiakan karena bisa jadi ciri awal kehamilan. Namun bagi wanita lainnya, terjadinya masalah terlambat datang bulan perlu diwaspadai karena bisa menjadi ciri dan gejala terjadinya beberapa jensi penyakit kronis, bahkan gejala kanker. Oleh karena itu, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami masalah terlambat datang bulan, apalagi jika menstruasi berhenti secara tiba-tiba selama lebih dari 90 hari, siklus bulanan menjadi sangat tidak teratur, menstruasi selama lebih dari 7 hari, nyeri parah, atau darah keluar dengan deras dan harus ganti pembalut setiap satu atau dua jam sekali. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua khususnya bagi para wanita dewasa yang mengalami masalah terlambat datang bulan. Jangan lupa untuk membagikan artikel kesehatan tentang faktor penyebab wanita terlambat datang bulan ini kepada orang-orang disekitar anda.

Loading...