Jenis Makanan Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil

Jenis Makanan Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil. Kondisi tubuh dan kesehatan ibu hamil harus selalu dijaga selama masa kehamilan sampai pada proses persalinan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat untuk ibu hamil yang dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi. Memilih jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil bukanlah perkara yang mudah, karena ternyata terdapat beberapa jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil yang tentu saja perlu dihindari. Pada dasarnya semua jenis makanan baik untuk kesehatan, namun perlu diingat bahwa kondisi ibu hamil berbeda dengan kondisi normal seperti orang kebanyakan, tentu saja hal ini membuat tidak semua jenis makanan cocok dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, masalah nafsu makan yang hilang selama hamil dan juga rasa mual pada ibu hamil muda kadang membuat pilihan makanan bagi ibu hamil menjadi lebih terbatas. Lalu apa sajakah jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil yang perlu dihindari? Simak ulasan lengkapnya berikut ini untuk mengetahui tentang berbagai jenis makanan yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda yang perlu dihindari selama masa awal kehamilan

jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda yang perlu dihindari selama masa awal kehamilan

Jenis Makanan Penyebab Keguguran yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Secara umum terjadinya keguguran pada ibu hamil banyak terjadi pada kehamilan muda atau pada minggu awal kehamilan. Pada trimester 1 kehamilan (12 minggu) adalah masa yang rentan bagi ibu hamil muda terhadap ancaman terjadinya keguguran. Salah satu faktor penyebab keguguran pada ibu hamil muda adalah terkait faktor dari luar tubuh, misalnya makanan dan minuman yang dikonsumsi yang ternyata berdampak buruk bagi kondisi janin dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil yang tidak boleh dikonsumsi pada masa awal kehamilan trimester 1.

  • Nanas

Buah nanas adalah salah satu makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda yang perlu untuk dihindari. Pada masa awal kehamilan, ibu hamil muda disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi nanas dan juga beberapa jenis makanan olahan berbahan dasar nanas. Alasan kenapa buah nanas dapat menyebabkan keguguran adalah karena nanas mengandung enzim yang bernama protease bromealin yang jika dilihat secara kimiawi, senyawa tersebut sama dengan papain yang terkandung dalam pepaya muda. Oleh karena itu, dimungkinkan juga nanas akan memberikan efek yang sama dengan pepaya muda, yaitu bisa mengakibatkan keguguran pada ibu hamil muda.

nanas adalah jenis buah penybebab keguguran pada ibu hamil muda yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan awal trimester pertama

nanas adalah jenis buah penybebab keguguran pada ibu hamil muda yang tidak boleh dikonsumsi selama kehamilan awal trimester pertama

  • Kepiting

Kepiting merupakan salah satu jenis makanan laut (sea food) yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang enak. Selain rasanya yang lezat, kepiting juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi yang tentu saja bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Tidak hanya mengandung nutrisi, kepiting juga mengandung kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Namun ternyata kepiting juga memiliki efek buruk jika dikonsumsi oleh ibu hamil muda khususnya pada usia kehamilan 3 bulan pertama ( trimester 1 ). Kepiting adalah jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda, hal ini terjadi karena kepiting dapat membuat ukuran rahim menyusut. Selain itu, ibu hamil muda yang mengkonsumsi kepiting dapat mengalami perdarahan genital sampai terjadinya keguguran.

dampak buruk mengkonsumsi kepiting dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda selama masa awal kehamilan 12 minggu pertama

dampak buruk mengkonsumsi kepiting dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda selama masa awal kehamilan 12 minggu pertama

  • Buah Delima

Jenis buah lainnya yang juga dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda adalah buah delima. Seperti kita ketahui bersama bahwa buah delima memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Namun bagi ibu hamil muda, mengkonsumsi buah delima secara berlebihan justru dapat menyebabkan terjadinya keguguran kandungan. Buah delima menjadi jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda hanya jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih dan diatas nomal. Artinya anda tetap boleh mengkonsumsi buah delima namun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Seorang ibu hamil muda yang mengkonsumsi buah delima secara berlebihan akan mengalami kontraksi pada rahimnya yang dapat memicu terjadinya keguguran. Dan perlu anda ketahui juga, bahwa bagian buah delima yang paling berbahaya bagi ibu hamil adalah bagian bijinya.

biji dan buah delima dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda jika dikonsumsi secara berlebihan

biji dan buah delima dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda jika dikonsumsi secara berlebihan

  • Ikan Kaleng

Ikan segar memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan, termasuk bagi ibu hamil. Namun anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi produk ikan kaleng yang biasa dijual dipasaran. Ikan kaleng adalah jenis makanan olahan yang dikemas dalam kaleng dan tentu saja banyak mengandung bahan pengawet. Terdapatnya kandungan bahan pengawet dan juga berbagai bahan kimia lainnya pada ikan kaleng tentu saja dapat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi, khususnya pada ibu hamil muda. Mengkonsumsi ikan kaleng dapat memicu naiknya tekanan darah pada ibu hamil. Selain ikan kaleng, anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi jenis ikan yang hidup di air yang kotor dan tercemar limbah kimia.

mengkonsumsi ikan kaleng yang mengandung pengawet dan bahan kimia dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda dalam masa kehamilan trimester pertama

mengkonsumsi ikan kaleng yang mengandung pengawet dan bahan kimia dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda dalam masa kehamilan trimester pertama

  • Pepaya Muda

Pepaya mudah dikenal sebagai jenis buah yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda. Buah pepaya mudah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan trimester pertama. Jenis pepaya muda diketahui sangat berbahaya bagi perkembangan embrio dalam rahim. Senyawa yang terkandung dalam buah pepaya muda dapat mengakibatkan terjadinya kontraksi kuat pada rahim ibu hamil yang tentu saja meningkatkan resiko terjadinnya keguguran. Pada sebuah penelitian yang dilkakukan terhadap tikus, ditemukan fakta bahwa tikus yang diberi makan pepaya muda mengalami keguguran pada tingkat yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, ibu hamil muda disarankan untuk tidak mengkonsumsi pepaya muda yang merupakan jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil pada masa awal kehamilan.

pepaya muda adalah jenis buah dan makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda dalam tahap awal kehamilan

pepaya muda adalah jenis buah dan makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda dalam tahap awal kehamilan

  • Durian

Buah durian adalah jenis buah yang menimbulkan banyak kontroversi, karena banyak yang suka namun tidak sedikit yang membenci jenis buah ini. Khusus bagi anda pecinta buah durian, jika anda sedang hamil muda disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah durian ini. Kandungan asam arachidonat dan alkohol dalam durian yang membuat buah ini tidak cocok dikonsumsi oleh ibu hamil pada awal kehamilan. Asam arachidonat akan memicu pembentukan prostaglandin yang merangsang kontraksi yang dapat berakibat fatal bagi janin dalam kandungan. Sedangkan alkohol yang terkandung dalam buah durian dapat menyebabkan kelahiran prematur dan juga bayi lahir dengan berat tubuh rendah. Itulah alasan mengapa buah durian masuk dalam kategori jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda yang perlu dihindari.

buah durian adalah jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda yang menyebabkan kontraksi pada rahim

buah durian adalah jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil muda yang menyebabkan kontraksi pada rahim

Itulah tadi informasi yang perlu anda ketahui terkait dengan jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil. Dari beberapa daftar makanan tersebut memang terdapat makanan yang sebenarnya baik untuk kesehatan, namun dapat berdampak buruk bagi kondisi janin dalam kandungan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih. Oleh karena itu bagi ibu hamil muda disarankan untuk bijak dalam mengkonsumsi jenis makanan yang dapat menyebabkan keguguran pada masa awal kehamilan tersebut. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel tentang jenis makanan penyebab keguguran pada ibu hamil ini kepada saudara dan teman-teman anda yang saat ini sedang hamil muda.

Loading...