Jenis-Jenis Penyakit TBC

Jenis-jenis Penyakit TBC. Sudahkan anda membaca artikel mengenai Pengertian Penyakit TBC? Dalam artikel tersebut saya sudah sedikit banyak memberikan informasi mengenai penyakit TBC yang perlu anda ketahui, khususnya mengenai apa itu penyakit TBC. Penyakit TBC adalah jenis penyakit menular yang menyerang saluran pernapasan pada tubuh manusia, dan bakteri penyebab penyakit TBC dapat dengan mudah berpindah (proses penularan) melalui media udara. Jika ada penderita penyakit TBC yang sedang batuk atau bersin, maka ada kemungkinan terjadinya proses perpindahan atau penularan penyakit TBC dari penderita ke orang lain yang ada disekitarnya, yang kemudian menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan bakteri penyebab penyakit TBC tersebut. Memang secara umum penyakit TBC yang diketahui oleh orang banyak adalah TBC yang menyerang organ paru-paru yang merupakan organ vital pernapasan manusia. Namun apakah ada kemungkinan penyakit TBC menyerang organ selain paru-paru? Artikel berikut ini akan membahas mengenai jenis-jenis penyakit TBC yang akan membuat anda mendapatkan informasi baru, bahwasannya penyakit TBC tidak hanya menyerang organ paru-paru, namun juga dapat menyerang organ tubuh yang lain.

Jenis penyakit TBC yang paling banyak ditemui di masyarakat adalah jenis TBC paru, dimana bakteri penyebab penyakit TBC menyerang dan menginfeksi saluran pernapasan dan kemudian secara perlahan namun pasti menginfeksi dan menggerogoti paru-paru. Namun ternyata tidak hanya paru-paru yang dapat diserang oleh bakteri penyebab penyakit TBC, berikut ini adalah beberapa jenis penyakit TBC yang perlu anda ketahui.

Macam dan Jenis Penyakit TBC

Jenis Penyakit TBC Paru ( Tuberkulosis Paru )

jenis penyakit TBC paru

jenis penyakit TBC paru

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa jenis TBC paru merupakan jenis penyakit TBC yang paling lazim terjadi. Jenis TBC paru dapat diketahui dan didiagnosa melalui beberapa gejala, salah satu gejala penyakit TBC paru  adalah batuk berdahak terus-menerus selama kurang lebih tiga minggu. Selain itu, penderita TBC paru akan berkeringat pada malam hari dengan alasan yang kurang jelas (tanpa melakukan aktivitas fisik). Selama itu juga badan penderita penyakit TBC paru akan terasa semakin melemah dan nafsu makan menurun. Pada bagian dada penderita TBC paru juga akan terasa sesak dan nyeri serta batuk yang diderita lama kelamaan akan disertai darah. Sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter jika anda menemukan gejala penyakit TBC paru ini pada diri atau anggota kelurga anda.

Jenis Penyakit TBC Tulang ( Tuberkulosis Tulang )

jenis penyakit TBC tulang

jenis penyakit TBC tulang

Ada perbedaan antara jenis penyakit TBC paru dengan jenis TBC tulang, pada jenis penyakit TBC tulang ( Tuberkulosis Tulang ) memiliki ciri khusus/khas selain ciri umum penyakit TBC; penderita penyakit TBC tulang biasanya akan merasakan pegal-pegal dan nyeri pada tulang. Sendi-sendi yang sakit terlihat bengkak dan penderita TBC tulang merasa sulit bergerak. Selain itu, daerah kulit di mana tulang diserang akan terlihat berwarna merah kebiruan seperti terdapat memar. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi yang disebabkan oleh penyakit TBC tulang ini dapat berakibat kelumpuhan.

Jenis Penyakit TBC Kelenjar ( Tuberkulosis Kelenjar )

jenis penyakit TBC kelenjar

jenis penyakit TBC kelenjar

Berbeda dengan jenis TBC paru-paru dan TBC tulang, jenis penyakit TBC kelenjar akan menyerang area kelenjar getah bening pada tubuh dan bagian tubuh seperti pada leher, ketiak, atau lipatan paha. Meskipun secara umum gejala penyakit TBC kelenjar sama seperti batuk dan berkeringat dingin, tipe Tuberkulosis kelenjar ini akan menimbulkan benjolan pada daerah-daerah yang rawan terkena TBC. Benjolan awalnya berukuran kecil; namun, jika dibiarkan akan terus membesar.

Itulah tadi jenis-jenis penyakit TBC ( jenis Tuberkulosis )yang perlu anda ketahui. Tentu saja semua jenis penyakit TBC harus anda hindari. Upaya pencegahan penyakit TBC harus dilakukan sedini mungkin. Menjaga pola hidup yang sehat adalah langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit TBC. Jika anda merasa artikel mengenai jenis-jenis penyakit TBC ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada kerabat dan orang-orang yang anda kasihi.

Loading...