Faktor Utama Penyebab Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim

Apa saja faktor utama penyebab kanker serviks? Faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim memang sangat penting untuk anda ketahui terutama bagi para wanita yang sangat rentan terkena penyakit kanker yang cukup ganas dan berbahaya ini. Kanker serviks atau kanker leher rahim ini merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya bahkan banyak penderita kanker serviks yang meninggal karena terlambat dalam penanganannya. Di Indonesia sendiri jumlah penderita penyakit kanker serviks ini terbilang cukup tinggi, sehingga penyakit yang satu ini mesti diwaspadai oleh kaum hawa yang juga memiliki resiko tinggi terserang kanker payudara.

faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim adalah infeksi virus HPV (Human Papillomavirus)

faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim adalah infeksi virus HPV (Human Papillomavirus)

Sekedar informasi alasan mengapa penyakit ini dinamai kanker serviks tidak lain dikarenakan penyakit kanker ini menyerang bagian serviks atau leher rahim perempuan. Meskipun penyakit kanker serviks ini sangat mematikan, tetapi jika mendapat penanganan secara cepat dan tepat sejak dini maka peluang untuk sembuh semakin besar. Oleh sebab itu, untuk anda para wanita harus lebih tanggap dan waspada apabila muncul tanda dan gejala yang tidak biasa pada bagian organ intim kewanitaan anda. Berikut ini adalah beberapa faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim yang perlu untuk anda ketahui guna meminimalisir resiko terserang penyakit mematikan ini.

kanker serviks adalah jenis kanker yang menyerang organ serviks atau leher rahim pada wanita

kanker serviks adalah jenis kanker yang menyerang organ serviks atau leher rahim pada wanita

Faktor pemicu dan penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim.

Penyebab dari kanker serviks sendiri cukup beragam sebenarnya. Faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim ini bisa datang dari dalam maupun dari luar tubuh. Untuk lebih jelasnya silahkan simak informasi berikut ini :

  1. HPV ( Human Papillomavirus )

Faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim ini adalah infeksi dari virus HPV ( Human Papillomavirus ). Hampir 99% kasus penyakit kanker serviks ini di seluruh dunia disebabkan oleh virus HPV ( Human Papillomavirus ). Virus HPV ini sangat mudah menular dari orang ke orang lainnya.

  1. Gemar Bergonta Ganti Pasangan

Penyebaran virus HPV ( Human Papillomavirus ) ini umumnya ditularkan melalui hubungan intim. Maka dari itu bagi  yang gemar bergonta ganti pasangan sangat rentan tertular virus HPV ( Human Papillomavirus ) ini. Oleh sebab sangat disarankan untuk tidak bergonta ganti pasangan saat berhubungan intim. Dan jangan lupa untuk menggunakan alat pengaman (kondom) saat berhubungan intim sebagai upaya mencegah penularan virus HPV ( Human Papillomavirus ).

  1. Kebiasaan Merokok

Wanita yang hobi merokok juga memiliki resiko tinggi terkena kanker serviks atau kanker leher rahim. Zat nikotin yang terkandung pada setiap batang rokok tersebut bisa menjadi pemicu penyakit kanker termasuk kanker serviks. Hasil penelitian menemukan bahwa pada wanita yang merokok terdapat zat nikotin tembakau pada lendir leher rahim.

Itulah beberapa faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim yang perlu anda waspadai dengan seksama. Sebenarnya masih ada beberapa faktor penyebab lainnya, tetapi secara umum penyebab yang paling utama dari kanker serviks ini adalah infeksi dari virus HPV 16 dan HVP 18. Walau begitu anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa upaya pencegahan yang dapat anda lakukan.

pencegahan kanker serviks atau kanker leher rahim dengan tes pap smear untuk mengetahui adanya infeksi virus HPV penyebab kanker serviks

pencegahan kanker serviks atau kanker leher rahim dengan tes pap smear untuk mengetahui adanya infeksi virus HPV penyebab kanker serviks

Upaya pencegahan kanker serviks atau kanker leher rahim yang pertama bisa dilakukan dengan melakukan tes pap smear secara berkala. Dengan tes pap smear ini anda akan tahu apakah anda terkena kanker serviks atau tidak, sehingga upaya pencegahan lainnya bisa dilakukan dengan lebih cepat. Yang kedua dengan melakukan vaksinasi HPV guna mencegah terjadinya infeksi virus ini.

cara mencegah kanker serviks atau kanker leher rahim dengan vaksinasi HPV untuk menghindari terjadinya infeksi virus HPV

cara mencegah kanker serviks atau kanker leher rahim dengan vaksinasi HPV untuk menghindari terjadinya infeksi virus HPV

Demikianlah informasi seputar kesehatan tentang faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim. Semoga dengan membaca artikel ini, anda semua menjadi lebih waspada dan mulai melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit kanker serviks ini. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa bagikan informasi tentang faktor utama penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim ini kepada orang terdekat anda.

Loading...