Faktor Resiko dan Penyebab Kanker Darah atau Leukemia

Faktor Resiko dan Penyebab Kanker Darah atau Leukemia. Jenis penyakit kanker yang menyerang sel darah putih ini tergolong sebagai salah satu penyakit yang paling mematikan. Kanker darah atau leukemia tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga banyak terjadi pada anak-anak dan para remaja. Tingkat keberhasilan pengobatan kanker darah atau leukemia yang masih rendah membuat kita semua harus selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya penyakit leukemia ini. Setelah pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai defnisi dan pengertian kanker darah atau leukemia beserta jenisnya, maka kali ini sebagai lanjutan akan diberikan informasi seputar kesehatan tentang faktor resiko dan penyebab kanker darah atau leukemia yang perlu dihindari sejak dini untuk mencegah terjadinya penyakit mematikan ini. Tidak jauh berbeda dengan penyakit kanker lainnya, penyebab kanker darah atau leukemia juga bisa berasal dari kebiasaan buruk kita yang menyebabkan gangguan kesehatan dan memicu terjadinya kanker. Berikut ini akan diberikan penjelasan lengkap mengenai faktor resiko dan penyebab kanker darah atau leukemia yang perlu kita ketahui bersama.

faktor resiko dan penyebab kanker darah atau leukemia pada orang dewasa dan anak-anak

faktor resiko dan penyebab kanker darah atau leukemia pada orang dewasa dan anak-anak

Beberapa faktor resiko dan penyebab kanker darah atau leukemia secara umum

Dengan mengetahui penyebab utama sebuah penyakit, maka upaya pencegahan dan pengobatan akan lebih mudah untuk dilakukan. Namun sayang, sampai hari ini penyebab utama kanker darah atau leukemia masih belum diketahui secara pasti. Meskipun begitu, terdapat beberapa faktor yang dianggap dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker darah atau leukemia secara umum. Berikut ini adalah beberapa faktor pemicu kanker darah atau leukemia secara umum yang perlu anda ketahui.

  • Faktor keturunan

Salah satu faktor pemicu kanker darah atau leukemia adalah faktor genetika atau keturunan. Jika dalam sebuah keluarga terdapat riwayat kanker darah atau leukemia, maka anggota keluarga lainnya memiliki resiko yang tinggi terserang penyakit ini.

  • Kelainan genetik

Seseorang yang mengalami kondisi kelainan genetik memiliki resiko lebih tinggi terserang penyakit kanker darah atau leukemia dibandingkan dengan orang normal. Contoh kelainan genetik tersebut adalah down syndrome. Kelainan genetik down syndrome adalah gangguan genetika yang menyebabkan perbedaan kemampuan belajar dan ciri-ciri fisik tertentu.

down syndrome adalah kelainan genetik pada anak-anak yang dapat memicu terjadinya kanker darah atau leukemia

down syndrome adalah kelainan genetik pada anak-anak yang dapat memicu terjadinya kanker darah atau leukemia

  • Pernah menjalani pengobatan kanker

Seperti kita ketahui bahwa metode pengobatan kanker secara medis yang menggunakan obat-obatan keras seperti kemoterapi dan radioterapi dapat menimbulkan efek samping. Terdapat dugaan bahwa kemoterapi atau radioterapi tertentu dapat memicu kanker darah atau leukemia. Namun untuk memastikan hal ini, masih perlu dilakukan penelitian lebih jauh dan mendalam.

  • Kelainan darah

Terjadinya kelainan darah seperti myelodysplastic syndrome dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker darah atau leukemia. Sindrom myelodisplastik (myelodysplastic syndrome) adalah kelainan darah langka dan berpotensi fatal yang terjadi karena produksi abnormal sel-sel darah di sumsum tulang. Sel darah yang dihasilkan menjadi mati dan abnormal begitu mereka memasuki aliran darah, sehingga tidak dapat menjalankan fungsi normal dan penting seperti mengangkut oksigen melalui tubuh (sel darah merah) dan melawan infeksi (sel darah putih).

terjadinya kelainan darah seperti myelodysplastic syndrome dapat menjadi pemicu kanker darah atau leukemia

terjadinya kelainan darah seperti myelodysplastic syndrome dapat menjadi pemicu kanker darah atau leukemia

  • Pajanan radiasi tinggi dan zat kimia

Seseorang yang pernah mengalami pajanan radiasi tinggi seperti radiasi nuklir, dan juga beberapa jenis zat dan senyawa kimia berbahaya memiliki tingkat resiko yang tinggi terserang penyakit kanker darah atau leukemia.

  • Kebiasaan merokok

Sudah bukan rahasia umum jika kebiasaan merokok dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit berbahaya. Salah satu jenis penyakit yang bisa terjadi karena kebiasaan merokok adalah penyakit kanker, termasuk kanker paru-paru dan juga kanker darah atau leukemia.

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang faktor resiko dan penyebab kanker darah atau leukemia yang perlu untuk diketahui. Dengan mengetahui beberapa faktor pemicu terjadinya kanker darah atau leukemia ini diharapkan kita lebih waspada dan mencoba upaya untuk menghindari beberapa hal tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel kesehatan tentang faktor resiko dan penyebab kanker darah atau leukemia ini kepada orang-orang di sekitar anda.

Loading...