Faktor Penyebab Penyakit Jantung

Faktor Penyebab Penyakit Jantung. Jika pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai pengertian penyakit jantung, maka sebagai informasi lebih lanjut mengenai penyakit jantung, kali ini saya akan coba membahas mengenai faktor penyebab penyakit jantung. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya dan jumlah kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung sangat tinggi. 

Walaupun penyakit jantung merupakan jenis penyakit yang berbahaya, namun ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui maupun menyadari berbagai faktor penyebab penyakit jantung itu sendiri. Secara umum, faktor penyebab penyakit jantung adalah faktor genetik dan juga gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok dan juga terjadinya kegemukan, namun ternyata selain faktor tersebut masih ada faktor penyebab penyakit jantung yang tersembunyi yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Dengan mengetahui apa saja faktor penyebab penyakit jantung, maka kita bisa melakukan pencegahan penyakti jantung secara dini, sehingga meminimalisir terjadinya penyakit jantung, dan juga serangan jantung yang bisa membahayakan.

faktor penyebab penyakit jantung

faktor penyebab penyakit jantung

Faktor Utama Pemicu dan Penyebab Penyakit Jantung

1. Faktor Usia dan Jenis kelamin

Pada seorang Wanita di bawah usia 50 tahun memiliki resiko penyakit jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan pria / laki-laki pada kelompok usia yang sama. Tetapi Setelah wanita mengalami menopause, resiko seorang wanita bertambah karena penurunan dari hormon estrogen yang bersifat melindungi. Jadi Salah satu faktor penyebab penyakit jantung adalah Faktor usia dan jenis kelamin.

2. Faktor Keturunan Dari Keluarga

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, terdapat data yang menunjukkan bahwa jika terdapat riwayat gangguan jantung dalam keluarga baik dari keluarga wanita atau keluarga pria, keturunan mereka lebih cenderung mengembangkan problem yang serupa yaitu penyakit jantung.

3. Faktor Perokok Aktif atau Perokok Pasif

Pada kenyataannya, banyak perokok yang mengidap penyakit jantung. Kasus terjadinya penyakit jantung yang disebabkan oleh rokok sangatlah tinggi. Penderita penyakit jantung karena kebiasaan merokok  kira-kira 20 persen dari semua kematian karena penyakit jantung dan hampir 50 persen dari serangan jantung pada wanita berusia di bawah 55 tahun. Para perokok juga membuat mereka yang tidak merokok namun ikut menghirup asap rokok beresiko mengalami masalah pada jantung. Penelitian menyebutkan  bahwa orang-orang yang tidak merokok yang tinggal dengan para perokok memiliki tambahan resiko penyakit serangan jantung.

4. Faktor Penyakit Diabetes (kencing manis)

Banyak juga terjadi kasus faktor penyebab penyakit jantung diakibatkan oleh penyakit diabetes. Para penderita penyakit diabetes dapat mengalami penyakit jantung akibat komplikasi. Para penderita diabetes harus memperhatikan kesehatan karena bisa berdampak sebagai faktor penyebab penyakit jantung.

5. Faktor Tekanan darah tinggi (hipertensi)

Kondisi tekanan darah tinggi yang berlangsung dalam waktu lama merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak. Oleh karena itu hipertensi menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

6. Faktor Kegemukan atau Obesitas

obesitas faktor penyebab penyakit jantung

obesitas faktor penyebab penyakit jantung

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan jumlah lemak dalam tubuh. Menghindari atau mengobati obesitas (kegemukan) adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes kemudian akan meningkatkan resiko penyakit jantung koroner. Hati hati dengan berat badan. Penyebab penyakit jantung bisa karena masalah berat badan dan makanan.

7. Faktor Gaya hidup kurang Olah Raga

Orang-orang yang kurang olah raga memiliki resiko serangan jantung yang lebih tinggi. Mereka menghabiskan sebagian besar dari hari mereka tanpa aktif secara fisik dan tidak berolahraga dengan teratur. Dan resikonya menurun di antara mereka yang berolahraga dengan teratur. Jalan-jalan santai selama 20 hingga 30 menit sebanyak tiga atau empat kali seminggu dapat menurunkan resiko serangan jantung. Melakukan olahraga dengan teratur dapat meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa dan dapat menurunkan kadar kolesterol serta menurunkan tekanan darah.

8. Stres / Emosi berlebihan

Berdasarkan data hasil penelitian, kondisi stres dapat menyebabkan penyempitan arteri,  kondisi dimana adanya penyempitan pada arteri dapat menurunkan tingkat aliran darah. Penyempitan arteri yang berarti bahkan dapat terlihat pada arteri yang terkena penyakit ringan. Penelitian lain menunjukan bahwa stres berat dapat menyebabkan pecahnya dinding arteri yang memicu serangan jantung. Oleh karena itu, stres berat yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung harus kita hindari.

Itulah tadi beberapa faktor penyebab penyakit jantung yang bisa dijadikan sebagai referensi, dan juga informasi yang bisa digunakan untuk melakukan pencegahan penyakit jantung secara dini. Untuk bisa mencegah penyakit jantung, maka kita harus benar-benar memperhatikan faktor penyebab penyakit jantung tersebut.

Loading...