Loading...

Faktor Pemicu dan Penyebab Kanker Vulva

Faktor Pemicu dan Penyebab Kanker Vulva. Pada artikel sebelumnya yang bisa anda baca disini : http://mencegahpenyakit.com/definisi-dan-pengertian-kanker-vulva/ , sudah dibahas mengenai definisi dan pengertian kanker vulva secara umum dan menurut medis. Jenis penyakit kanker yang menyerang wanita khususnya pada masa menopause ini perlu anda waspadai, karena sifat sel kanker yang dapat menyebar dengan cepat ke seluruh bagian tubuh, membuat kanker vulva sangat berbahaya. Pada artikel kesehatan kali ini, akan dibahas mengenai apa saja yang menjadi faktor pemicu dan penyebab kanker vulva pada wanita yang perlu untuk anda pahami dan hindari sedini mungkin supaya terhindar dari penyakit ini.

penyebab terjadinya kanker vulva pada wanita

penyebab terjadinya kanker vulva pada wanita

Faktor resiko kanker vulva pada wanita.

Sama halnya dengan semua jenis penyakit kanker, penyebab pasti munculnya penyakit mematikan ini belum diketahui secara jelas. Para ahli medis masih terus melakukan penelitian untuk mencari tahu pemicu sel-sel bermutasi menjadi sel kanker dan berkembang dengan begitu cepat. Sel kanker yang membelah diri akan terus bertambah dengan melipat-gandakan jumlah hingga membentuk tumor, kemudian menyebar ke bagian tubuh yang lain. Sel kanker dan tumor akan terus tumbuh dan membelah diri sementara sel yang sehat akan mati.

Penyebab kanker vulva secara umum.

Meskipun belum diketahui penyebab pasti terjadinya kanker vulva pada wanita, namun para ahli medis menyimpulkan bahwa ada beberapa faktor dan gaya hidup yang dapat memicu terjadinya kanker vulva, berikut ini penjelasan lengkapnya.

gaya hidup tidak sehat memicu terjadinya kanker vulva

gaya hidup tidak sehat memicu terjadinya kanker vulva

Merokok.

Pertambahan usia. Risiko kanker vulva umumnya meningkat pada usia 65 tahun ke atas dan mereka yang berada pada masa menopause. Kasus ini jarang ditemui pada wanita berusia di bawah 50 tahun yang belum mengalami menopause.

Terpapar infeksi HPV (human papillomavirus), salah satu penyakit menular seksual yang banyak ditemui pada wanita yang aktif secara seksual. Umumnya infeksi HPV dapat mereda dengan sendirinya. Pada sebagian kasus lainnya penyakit ini, sel yang terinfeksi dapat bermutasi dan berkembang menjadi sel kanker.

Terinfeksi HIV (human immunodeficiency virus) yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menjadikan penderita rentan terhadap infeksi HPV.

Menderita gangguan pada kulit di area vulva, misalnya penyakit Lichen Sclerosus.

Pernah berada dalam kondisi prakanker vulva, atau vulvar intraepithelial neoplasia (VIN), yang bisa berkembang menjadi kanker vulva. VIN adalah kondisi ketika sel mengalami perubahan yang tidak menjurus kepada kanker. Meski pada kebanyakan kasus yang pernah terjadi, kondisi ini dapat menghilang dengan sendirinya, namun pada kenyataannya dapat juga berkembang menjadi sel kanker.

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang faktor pemicu dan penyebab kanker vulva pada wanita yang perlu anda ketahui. Khusus bagi para wanita, dianjurkan untuk menghindari gaya hidup kurang sehat, dan faktor pemicu kanker vulva lainnya, yang dapat membahayakan kesehatan organ intim anda. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat untuk anda semua. Jangan lupa untuk membagikan informasi kesehatan tentang faktor pemicu dan penyebab kanker vulva pada wanita ini kepada saudara dan kerabat terdekat anda.

Loading...