Diet untuk Ibu Menyusui yang Baik dan Benar

Diet untuk Ibu Menyusui yang Baik dan Benar. Bukan rahasia umum lagi jika sesudah melahirkan tubuh wanita akan melar, atau menjadi gemuk. Hal ini wajar terjadi pada semua wanita yang baru selesai melahirkan, kecuali pada wanita yang diberikan anugerah untuk bisa selalu kurus. Kebanyakan wanita sesudah melahirkan pasti ingin kembali kurus seperti saat sebelum hamil. Sayangnya ada kewajiban yang lebih penting dan harus dipenuhi, yakni menyusui sang bayi.

Bayi yang menyusu pada ibunya tidak akan bisa makan dari tempat lain, termasuk dari susu formula yang diberikan. Oleh sebab itu, ASI ( Air Susu Ibu ) tetap menjadi yang nomor satu. Dengan pemberian ASI, maka seorang ibu tidak bisa melakukan diet karena akan mengurangi jumlah ASI nantinya. Ini akan berisiko pada perkembangan si bayinya nanti.

tips cara diet sehat untuk ibu menyusui

tips cara diet sehat untuk ibu menyusui

Namun ternyata, anda yang ingin sekali menyusui namun juga tetap ingin diet masih bisa menjalankan program diet untuk ibu menyusui yang baik dan benar. Ya, masih ada kok program diet yang diperuntukkan untuk ibu yang sedang menyusui. Seperti apakah program diet sehat ibu menyusui? Berikut informasi selengkap-lengkapnya.

Menu Makanan untuk Program Diet Ibu Menyusui

  1. Bayam

Sayur adalah salah satu jenis makanan yang baik sekali untuk menunjang program diet. dengan banyak mengkonsumsi sayur, maka tubuh akan sehat dan juga proses penurunan berat badan bisa lebih cepat. kandungan serat yang banyak terdapat dalam sayur sangat baik untuk mendukung proses metabolisme tubuh. Di mana tubuh bisa jadi menjalankan proses detoksifikasinya dengan lebih cepat. kandungan serat tersebut mampu membantu mendorong keluar semua lemak jahat dan racun dalam tubuh. Namun tetap memberikan energi yang banyak untuk ibu menyusui.

sayur bayam sebagai menu diet sehat untuk ibu menyusui setelah melahirkan

sayur bayam sebagai menu diet sehat untuk ibu menyusui setelah melahirkan

  1. Daging Sapi

Siapa sangka seorang yang ingin menjalankan program diet boleh mengkonsumsi daging sapi. Ya, daging sapi juga menjadi salah satu jenis makanan yang menunjang program diet untuk ibu menyusui. Dengan mengkonsumsi daging sapi, nutrisi yang dibutuhkan oleh sang bayi masih bisa terpenuhi. Namun karena daging sapi rendah lemak, jadi anda bisa mengkonsumsinya untuk menunjang program diet.

manfaat daging sapi sebagai menu diet sehat bagi ibu menyusui setelah melahirkan

manfaat daging sapi sebagai menu diet sehat bagi ibu menyusui setelah melahirkan

  1. Beras Merah

Makanan sehat untuk diet ibu menyusui lainnya ialah beras merah. Kandungan beras merah bisa anda manfaatkan untuk menunjang program diet yang dilakukan, khususnya oleh seorang ibu menyusui. Jika anda sudah terbiasa mengkonsumsi gandum, anda bisa menggantinya dengan beras merah. Atau secara perlahan anda bisa mengurangi pengkonsumsiannya.

manfaat beras merah untuk program diet ibu menyusui setelah melahirkan

manfaat beras merah untuk program diet ibu menyusui setelah melahirkan

Nah, itulah beberapa menu diet untuk ibu menyusui. Selain itu anda juga harus menambah asupan minum air putih lebih banyak. Anda juga harus berolahraga lebih sering, jika anda mudah capek maka anda bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda dan berlari-lari kecil. atau jika masih suka merasa capek, maka anda bisa melakukan aktivitas lebih aktif daripada biasanya. Jika anda merasa artikel tentang tips diet sehat untuk ibu menyusui ini bermanfat, jangan lupa bagikan kepada kerabat anda yang membutuhkan.

Loading...