Diabetes Melitus – Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Pencegahan

Diabetes Melitus Adalah Penyakit Mematikan. Penyakit kencing manis atau diabetes melitus merupakan penyakit yang tergolong sebagai salah satu jenis penyakit bebahaya dan dapat berakibat fatal. Sama seperti halnya dengan berbagai jenis penyakit lain, jika diabetes melitus tidak segera dikendalikan maka akan mencetuskan berbagai komplikasi penyakit-penyakit kronis dan sangat fatal. Berbagai komplikasi diabetes melitus seperti gangguan fungsi ginjal, penyakit jantung, impotensi, kebutaan dan pembususkan kaki, oleh sebab itulah kenapa penderita diabetes melitus harus mengalami amputasi.

Pengertian Diabetes Melitus Adalah

Diabetes Melitus adalah jenis penyakit yang terjadi karena kelainan gula darah. Di mana hal ini bisa terjadi karena kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi. Sehingga menyebabkan tubuh menjadi kekurangan insulin, atau insulin yang ada dalam tubuh menjadi tidak sempurna. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa makanan yang kita makan sangat erat kaitannya dengan poduksi glukosa darah tersebut. Makanan yang dikonsumsi juga sangat berperan dalam merangsang pankreas memproduksi hormon insulin.

diabetes melitus tanda dan gejala serta cara pencegahan

diabetes melitus tanda dan gejala serta cara pencegahan

Insulin adalah hormon yang bertugas untuk merubah gula yang ada di dalam sel menjadi sebuah energi yang akan digunakan oleh tubuh, juga sebagai energi cadangan. Ketika glukosa dalam darah tidak mencukupi maka tubuh tidak bisa memproduksi hormon insulin dengan benar. Biasanya ini terjadi pada orang dewasa yang sudah berusia 30 tahunan lebih. Di mana usia seperti itu sudah kurang beraktivitas dan bergerak, sehingga memicu diabetes melitus.

Itulah pengertian diabetes melitus yang sudah seharusnya kita ketahui. Berikut di bawah ini penjelasan mengenai penyebab diabetes melitus.

pengertian penyakit diabetes melitus dan cara mencegah diabetes secara alami

pengertian penyakit diabetes melitus dan cara mencegah diabetes secara alami

Penyebab Diabetes Melitus Adalah Faktor Keturunan?

Banyak yang mengatakan bahwa diabetes melitus terjadi karena sudah faktor keturunan. Namun sebenarnya secara ilmiah penyebab diabetes melitus adalah karena produksi insulin yang tidak mencukupi untuk mengakomodasi kadar glukosa, sehingga menyebabkan sel tubuh tidak merespon hormon tersebut. Hal ini umumnya terjadi karena kandungan lemak dalam tubuh yang terlalu besar dan tidak sempurna, di mana kurangnya aktivitas menjadi salah satu penyebabnya. Berbagai penyebab kencing manis adalah:

faktor utama penyebab penyakit diabetes melitus

faktor utama penyebab penyakit diabetes melitus

  • Kekurangan insulin karena pengaruh virus serta faktor gizi saat masih berusia anak-anak yang tidak memadai
  • Pengaruh faktor keturunan atau gen
  • Karena faktor obesitas
  • Kadar kortikosteroid yang terlalu tinggi
  • Masa hamil yang membuat kadar insulin di dalam darah berkurang
  • Kinerja insulin yang dipengaruhi oleh racun di dalam tubuh

Nah, itulah beberapa penyebab diabetes melitus secara garis besarnya. Untuk dapat mencegah diabetes melitus, kita harus lebih memfokuskan pada gaya hidup sehat. Yakni dengan memilih makanan sehat untuk dikonsumsi, perbanyak asupan air putih, dan juga banyak beraktivitas atau bergerak.

pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu mencegah penyakit diabetes melitus

pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu mencegah penyakit diabetes melitus

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai diabetes melitus dan penyebabnya. Diabetes melitus adalah penyakit yang bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang fatal. Oleh sebab itu, jika anda memiliki riwayat keluarga yang terkena diabetes segeralah periksakan diri anda ke dokter ahlinya. Semoga informasi mengenai penyakit diabetes melitus ini bermanfaat untuk anda.

Loading...