Definisi dan Pengertian Penyakit Asam Urat

Definisi dan Pengertian Penyakit Asam Urat. Salah satu jenis penyakit yang umum dan banyak dialami masyarakat adalah penyakit asam urat. Walaupun penyakit ini sudah umum, namun ternyata masih banyak orang yang belum begitu paham mengenai definisi dan pengertian penyakit asam urat itu sendiri. Oleh karena itu, dalam artikel kesehatan kali ini, akan dibahas mengenai definisi dan pengertian penyakit asam urat secara umum.

apa yang dimaksud dengan penyakit asam urat secara umum dan medis

apa yang dimaksud dengan penyakit asam urat secara umum dan medis

Apa yang dimaksud penyakit asam urat?

Definisi dan pengertian penyakit asam urat (gout) secara umum adalah suatu kondisi yang dapat memicu dan menyebabkan terjadinya gejala nyeri yang tidak tertahankan, adanya pembengkakan, dan juga rasa panas di bagian persendian. Hampir semua bagian persendian dalam tubuh dapat terkena asam urat, namun pada kebanyakan kasus yang paling sering terserang asam urat adalah pada bagian sendi jari tangan, sendi lutut, sendi pergelangan kaki, dan sendi jari kaki.

Siapa yang paling beresiko terkena penyakit asam urat?

Seperti halnya dengan semua jenis penyakit yang ada, penyakit asam urat juga dapat terjadi dan menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun berdasarkan penelitian medis, ternyata laki-laki lebih beresiko dan rawan terkena penyakit asam urat ini jika dibandingkan dengan perempuan. Selain itu, Laki-laki dengan usia diatas 30 tahun memiliki resiko asam urat yang lebih tinggi. Sementara itu, bagi perempuan penyakit asam urat biasanya dapat timbul setelah memasuki masa menopause.

Tanda dan gejala awal penyakit asam urat.

Tanda dan gejala awal penyakit asam urat biasanya akan muncul dan dirasakan dalam waktu yang singkat. Seseorang yang mengalami penyakit asam urat pada umumnya akan merasakan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit yang muncul akibat penyakit asam urat bisa berlangsung selama 3-10 hari. Gejala awal asam urat seperti pembengkakan tidak hanya akan terjadi pada persendian, tetapi juga dapat terjadi pada sekitar sendi yang disertai dengan warna kulit yang memerah secara perlahan. Pada beberapa kasus, banyak penderita penyakit asam urat yang tidak mampu bergerak secara leluasa dikarenakan rasa sakit pada persendian yang tidak tertahankan.

penyebab terjadinya nyeri sendi dan peradangan karena penyakit asam urat

penyebab terjadinya nyeri sendi dan peradangan karena penyakit asam urat

Perbedaan penyakit asam urat dan rematik.

Adanya kesamaan dalam gejala membuat hampir sebagian besar orang Indonesia sulit untuk membedakan antara penyakit asam urat dengna rematik. Secara umum, rematik biasa digunakan sebagai istilah untuk menggambarkan dan mendeskripsikan rasa sakit pada persendian atau otot yang muncul karena terjadinya peradangan sendi. Sedangkan gour/pirai (penyakit asam urat) adalah salah satu penyebab terjadinya nyeri pada persendian. Dengan mengetahui dan memahami tanda dan gejala penyakit asam urat (gout/pirai), maka kita dapat dengan mudah membedakan antara nyeri sendi karena asam urat dengan yang disebabkan oleh kondisi kesehatan lainnya. Selain itu, ada anggapan masyarakat yang mengira bahwa jika kadar asam urat di dalam darah tinggi atau hiperurisemia dapat memicu langsung terjadinya penyakit asam urat (gout/pirai). Secara medis hal ini dapat dibantah, karena ternyata hanya sekitar 1/3 orang yang menderita hiperurisemia yang juga mengalami penyakit asam urat (gout/pirai).

Itulah tadi informasi kesehatan tentang definisi dan pengertian penyakit asam urat secara umum yang perlu kita ketahui bersama. Dengan mengetahui dan memahami tanda dan gejala awal penyakit asam urat, maka kita dapat melakukan penanganan dengan cepat, sehingga proses penyembuhannya juga akan lebih cepat. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk membagikan artikel kesehatan tentang definisi dan pengertian penyakit asam urat ini kepada kerabat anda semua.

Loading...