Loading...

Definisi dan Pengertian Masuk Angin Secara Medis

Definisi dan Pengertian Masuk Angin Secara Medis. Salah satu jenis masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh masyarakat khususnya di Indonesia adalah masuk angin. Tapi apakah memang ada penyakit masuk angin dalam dunia medis? Ataukah masuk angin hanya sebuah istilah yang banyak dipakai di masyarakat umum? Pada artikel berikut ini akan dijelaskan secara singkat mengenai definisi dan pengertian masuk angin secara medis yang perlu untuk kita ketahui bersama.

masuk angin menurut medis

masuk angin menurut medis

Dalam dunia medis, memang tidak dikenal penyakit masuk angin. Tapi mengapa penyakit “masuk angin” ini begitu populer, begitu sering kita ucapkan dan kita alami secara nyata ? Apa sesungguhnya penyakit “masuk angin” itu ? Jika diterjemahkan secara sederhana, “masuk angin” seolah-olah kita artikan sebagai masuknya angin ke dalam tubuh secara tidak normal, baik jumlahnya ataupun tempat penumpukannya. Padahal tubuh kita – dalam hal ini saluran nafas dan paru-paru, memang harus kemasukan udara atau oksigen. Jika saluran nafas dan paru-paru kita tidak diisi udara atau oksigen, kita tentu sudah mati.

Definisi dan pengertian masuk angin menurut Wikipedia

Salah satu sumber yang menjadi rujukan dalam mengetahui definisi dan pengertian masuk angin secara medis adalah informasi dari Wikipedia. Dalam laman Wikipedia tersebut, disebutkan bahwa Masuk angin adalah suatu “penyakit” yang disebabkan karena berkumpulnya gas yang tidak merata di dalam tubuh. Masuk Angin diyakini menjadi penyakit yang nyata, namun saat ini belum ada bukti medis untuk mendukung klaim ini. Penyakit ini mirip influenza karena gejala dan penyebabnya hampir sama. Masuk angin biasanya dianggap sekadar mitos di dunia kedokteran tetapi kenyataannya banyak sekali penderitanya.

Definisi dan pengertian masuk angin menurut dokter dan ahli medis

Meskipun secara resmi masuk angin tidak dikenal dalam bahasa dan dunia medis, namun karena banyaknya kasus dan keluhan masyarakat terhadap kondisi yang disebut masuk angin ini, maka pada dokter dan ahli medis mau tidak mau juga harus merumuskan pengertian dan definisi masuk angin, serta mencoba mencari diagnosa umum dan solusi pengobatan masuk angin tersebut.

tanda dan gejala masuk angin menurut medis

tanda dan gejala masuk angin menurut medis

Berdasarkan pengamatan beberapa tenaga medis, ada beberapa kondisi yang sering dikeluhkan masyarakat yang merujuk pada tanda dan gejala masuk angin. Menurut dr. Kosasi Kwek, Beberapa kondisi badan yang sering dikeluhkan sebagai “masuk angin” antara lain :

  • Demam ringan yang diikuti pilek / flu
  • Rasa kembung
  • Rasa kembung yang disertai dengan sendawa-sendawa
  • Rasa kembung yang disertai dengan sering buang angin / kentut
  • Rasa kembung yang disertai dengan susah sendawa, susah buang angin, dan susah buang air besar
  • Rasa kembung yang disertai dengan mencret
  • Rasa kembung dengan gangguan / keluhan kencing
  • Rasa kembung yang disertai dengan rasa oyong-oyong / pusing / pening
  • Sendawa-sendawa jika badan diurut-urut / dipijat-pijat
  • Dan lain-lain.

Itulah tadi beberapa keluhan atau gejala yang sering dialami yang merujuk kepada masuk angin. Karena memang penyakit masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis, maka seorang dokter yang mendapatkan pasien dengan keluhan masuk angin, harus aktif untuk menanyakan kepada pasien tersebut mengenai tanda dan gejala yang dialami. Hal ini penting untuk mendapatkan diagnosa yang tepat, sehingga penanganan dan pengobatan yang diberikan bisa tepat sasaran.

Itulah tadi informasi mengenai pengertian dan definisi masuk angin menurut medis yang perlu diketahui. Semoga informasi seputar kesehatan ini bermanfaat untuk anda.

Loading...