Loading...

Definisi dan Pengertian Kanker Vulva

Definisi dan Pengertian Kanker Vulva. Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit mematikan yang paling ditakuti. Secara medis, banyak sekali jenis penyakit kanker, salah satunya adalah kanker vulva. Jika dibandingkan dengan jenis kanker lain, seperti kanker serviks ataupun kanker payudara, maka kanker vulva masih sedikit asing di kalangan masyarakat umum. Oleh karena itu, pada artikel kesehatan kali ini, akan dibahas mengenai definisi dan pengertian kanker vulva secara umum dan menurut medis.

definisi dan pengertian kanker vulva secara medis

definisi dan pengertian kanker vulva secara medis

Sama halnya dengan kanker serviks dan kanker payudara, penyakit kanker vulva juga secara umum menyerang wanita. Definisi dan pengertian vulva adalah bagian organ seksual eksternal wanita yang merupakan area yang mengelilingi lubang kencing (urethra opening) dan vagina. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa kanker vulva adalah kanker yang menyerang bagian permukaan luar daerah kemaluan (organ intim) wanita.

Menurut data medis, kanker vulva lebih banyak terjadi pada wanita yang sudah berusia lanjut, atau lebih tepatnya pada wanita yang sudah mengalami menopause. Meskipun demikian, beberapa kasus kanker vulva juga ditemukan pada wanita yang masih dalam usia muda/produktif.

Tipe dan jenis kanker vulva

Ada beberapa tipe dan jenis kanker vulva yang sering terjadi, hal ini dikategorikan berdasarkan jenis sel yang terserang. Berikut ini rincian lengkap mengenai tipe dan jenis kanker vulva menurut medis.

pengertian vulva dan anatomi organ intim wanita

pengertian vulva dan anatomi organ intim wanita

  • Vulva melanoma. Penyakit kanker vulva melanoma adalah sel kanker yang terbentuk di sel penghasil pigmen yang terdapat pada kulit vulva.
  • Vulva karsinoma. Penyakit kanker vulva karsinoma sel skuamus (vulvar squamous cell carcinoma), adalah sel kanker yang terbentuk pada sel tipis, berpermukaan datar yang melapisi permukaan vulva. Jenis kanker vulva ini adalah yang paling banyak terjadi.
  • Sel basal karsinoma. Sel basal karsinoma adalah luka pada labia majora atau pada area lain di vulva, yang lama-lama berkembang menjadi kanker. Jika tidak segera diobati, luka ini dapat dengan mudah muncul kembali.
  • Karsinoma kelenjar bartholin. Karsinoma kelenjar bartholin adalah tumor langka pada kelenjar Bartholin yang biasa menyerang wanita di usia pertengahan 60-an (masa menopause).

Itulah tadi informasi mengenai definisi dan pengertian kanker vulva pada wanita yang perlu anda ketahui. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membagikan informasi kesehatan tentang definisi dan pengertian kanker vulva ini kepada saudara dan kerabat terdekat anda.

Loading...