Definisi dan Pengertian Kanker Serviks

Definisi dan Pengertian Kanker Serviks. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa itu penyakit kanker serviks, maka terlebih dahulu kita harus mengerti tentang definisi dan pengertian kanker serviks. Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis penyakit dimana tumbuhnya sel kanker pada leher rahim atau saluran yang menghubungkan vagina dengan rahim. Kanker serviks juga merupakan penyakit yang bisa disebabkan oleh virus yang berada di leher rahim atau berada pada liang vagina. Kanker serviks merupakan pembunuh wanita nomor satu di Indonesia, hal ini karena setiap dua menitnya terdapat satu orang wanita yang meninggal karena mengidap penyakit kanker serviks ini.

definisi dan pengertian kanker serviks atau kanker leher rahim adalah munculnya sel kanker pada saluran leher rahim wanita

definisi dan pengertian kanker serviks atau kanker leher rahim adalah munculnya sel kanker pada saluran leher rahim wanita

Faktor Penyebab Kanker Serviks

Pada umumnya penyakit kanker serviks biasanya di alami oleh wanita diatas usia 50 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga dapat menyerang wanita di usia produktif. Virus yang menyebabkan kanker serviks adalah human papillomavirus atau HPV. Virus HPV merupakan jenis virus yang sangat mudah menular dan berpindah, serta bisa menyebar tidak hanya melalui medium berupa cairan namun juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Bagi anda wanita yang sering menggunakan toilet umum tentulah harus sangat berhati-hati, karena toilet merupakan tempat penyebaran virus HPV ini, apalagi jika toilet tersebut tidak terawat kebersihannya.

definisi dan pengertian kanker serviks adalah jenis kanker pada leher rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV yang mudah menular

definisi dan pengertian kanker serviks adalah jenis kanker pada leher rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus atau HPV yang mudah menular

Selain dari toilet, kanker serviks juga bisa terjadi karena melakukan hubungan seks sebelum usia wanita matang yaitu 20 tahun, terlalu banyak memakai cairan pembersih organ intim wanita, dan juga karena racun nikotin pada rokok. Biasakan selalu membawa tisu antiseptik ketika memakai toilet umum, dan usahakan membersihkan kemaluan dengan menggunakan air yang  bersih langsung dari keran. Andapun perlu memahami betul definisi dan pengertian kanker serviks secara mendetail agar anda dapat menjaga diri anda sendiri dari ancaman kanker serviks ini.

Tanda dan Gejala Kanker Serviks

Kanker serviks dapat menimbulkan gejala seperti adanya pendarahan yang tidak normal atau berada diluar siklus menstruasi anda. Selain itu tanda dan gejala kanker serviks juga bisa berupa merasa sakit pada saat melakukan hubungan intim dan diikuti dengan keluarnya darah, sering mengalami sakit atau nyeri di daerah pinggul, mengalami keputihan yang tidak normal dan berlebihan dan disertai dengan darah, sering mengalami sakit ketika buang air kecil. Pada kasus kanker serviks yang sudah cukup parah, dapat menyebabkan paha terasa sakit bahkan membengkak dan membuat nafsu makan berkurang, serta berat badan yang tidak stabil. Tanda dan gejala serta definisi dan pengertian kanker serviks ini harus sangat anda perhatikan jika ingin terhindar dari salah satu penyakit pembunuh wanita ini.

ciri-ciri serta tanda dan gejala kanker serviks tahap awal yang perlu anda ketahui

ciri-ciri serta tanda dan gejala kanker serviks tahap awal yang perlu anda ketahui

Cara Pencegahan Kanker Serviks

Adapun langlah-langkah pencegahan kanker serviks yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi cukup, hindari membersihkan daerah kemaluan dengan air kotor, selalu menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar. Selain itu juga disarankan untuk menghentikan kebiasaan merokok dan menjauhi asap rokok, tidak bergonta ganti pasangan berhubungan intim, dan hindari berhubungan intim di usia belia. Pencegahan kanker serviks secara medis bisa dilakukan dengan pemeriksaan pap smear minimal dua tahun sekali untuk berjaga-jaga.

cara mencegah penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim dengan melakukan tes pap smear

cara mencegah penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim dengan melakukan tes pap smear

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang definisi dan pengertian kanker serviks beserta penyebab, tanda dan gejala, dan cara pencegahannya. Dengan mengetahui definisi dan pengertian kanker serviks dan juga faktor penyebabnya, diharapkan anda bisa melakukan pencegahan kanker serviks sejak dini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa bagikan informasi tentang definisi dan pengertian kanker serviks ini kepada orang-orang terdekat anda.

Loading...