Definisi dan Pengertian Kanker Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Definisi dan pengertian kanker payudara bisa anda ketahui jika anda membaca artikel ini secara lengkap. Mungkin kanker payudara adalah penyakit yang sudah sering anda dengar sebelumnya, namun anda mungkin belum memahami seperti apa kanker payudara tersebut secara utuh. Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang jaringan bagian di payudara. Kanker sendiri didefinisikan sebagai sebuah kondisi pada saat sel – sel yang ada ditubuh kita tidak bisa mengendalikan pertumbuhannya sendiri. Oleh karena itu, sel yang bereproduksi jumlahnya bisa melampaui batas normal. Hal inilah yang akan menimbulkan terjadinya kanker. Sedangkan penyakit kanker payudara, didefinisikan sebagai sel – sel yang tumbuh diluar kewajaran di jaringan payudara.

definisi dan pengertian kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang jaringan sel payudara

definisi dan pengertian kanker payudara adalah jenis kanker yang menyerang jaringan sel payudara

Banyak orang ingin mencari tahu definisi dan pengertian kanker payudara karena penyakit tersebut sudah sering terdengar ditelinga kita. Bahkan mungkin banyak orang disekitar kita yang mengalaminya. Perlu anda ketahui, bahwa penyakit kanker payudara adalah sejenis kanker yang sering menyerang kaum wanita, walaupun juga ditemukan kasus terjadinya kanker payudara pada pria. Hal ini bahkan menjadi momok yang menakutkan bagi wanita karena penyakit ini disebut – sebut sebaga salah satu penyebab kematian yang terbesar yang menyerang kaum wanita.

Selain itu, penyakit kanker payudara tidak pandang bulu dalam menyerang tubuh, karena siapa saja dapat terserang oleh penyakit ini. Para pria juga bisa menderita penyakit kanker ini, namun kemungkinanya lebih kecil yaitu hanya 1 : 1000. Seorang yang telah divonis memiliki kanker payudara akan mengalami tiga fase sedari awal penyakit ini terjadi hingga kondisi kanker yang bisa saja semakin parah. Dalam definisi dan pengertian kanker payudara, fase yang pertama yang akan dialami oleh si penderita adalah fase inisiasi.

definisi dan pengertian kanker payudara secara medis adalah rusaknya jaringan payudara yang diakibatkan oleh sel kanker

definisi dan pengertian kanker payudara secara medis adalah rusaknya jaringan payudara yang diakibatkan oleh sel kanker

Fase dan tahapan penyakit kanker payudara

Dalam fase ini, si penderita kanker payudara akan mengalami beberapa tanda–tanda yang berupa benjolan kecil di bagian payudara. Pada fase ini sel–sel yang ada di dalam tubuh akan memancing perubahan dan akan berubah menjadi ganas. Sel–sel yang telah mengalami perubahan genetik ini nantinya akan berkembang pada fase selanjutnya dimana tingkatan penyakit kanker payudara bisa menjadi semakin parah bagi si penderita.

Fase selanjutnya yang bisa dialami oleh si penderita adalah fase promosi. Dalam fase ini, sel kanker yang telah mengalami fase inisiasi akan berubah menjadi semakin ganas. Namun, hal ini tidak berlaku pada sel yang tidak mengalami fase inisiasi nantinya. Selanjutnya, fase promosi akan berpindah tempat menjadi fase berikutnya yang dinamakan fase metastasis kanker payudara. Dalam fase ini sel kanker akan  menuju tulang dimana hal ini akan menyebabkan si penderita akan merasa nyeri.

fase dan tahapan kanker payudara diawali dengan munculnya benjolan kecil di sekitar payudara

fase dan tahapan kanker payudara diawali dengan munculnya benjolan kecil di sekitar payudara

Jika anda merasa memiliki benjolan kecil di bagian payudara yang tidak seperti biasanya, anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui diagnosanya. Mengingat bahwa kanker payudara adalah jenis penyakit yang mematikan, maka disarankan untuk secara rutin melakukan pemeriksaan, misalnya dengan memeriksa kondisi payudara setiap hari saat mandi, untuk mengantisipasi munculnya benjolan yang merupakan tanda dan gejala awal kanker payudara. Demikianlah informasi seputar definisi dan pengertian kanker payudara, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Loading...