Definisi dan Pengertian Kanker Paru-Paru

Definisi dan Pengertian Kanker Paru-Paru. Organ paru-paru yang merupakan salah satu organ vital penunjang kehidupan rentan terhadap beberapa jenis penyakit, diantaranya adalah paru-paru basah (bronkitis), TBC paru, dan juga yang paling parah adalah kanker paru-paru. Tidak jauh berbeda dengan jenis penyakit kanker lainnya, kanker paru-paru adalah penyakit mematikan yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Menurut Wikipedia, definisi dan pengertian kanker paru-paru adalah penyakit dengan ciri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru-paru. Bila tidak dirawat, pertumbuhan sel ini dapat menyebar ke luar dari paru-paru melalui suatu proses yang disebut metastasis ke jaringan yang terdekat atau bagian tubuh yang lainnya. Sebagian besar kanker yang mulai di paru-paru, yang dikenal sebagai kanker paru primer, adalah karsinoma yang berasal dari sel epitelium. Jenis kanker paru yang utama adalah SCLC (kanker paru sel kecil), atau disebut juga kanker sel gandum, dan NSCLC (kanker paru non-sel-kecil). Gejala paling umum adalah batuk (termasuk batuk darah), berat badan turun dan sesak napas. Pada artikel ini khusus akan dibahas mengenai definisi dan pengertian kanker paru-paru jenis primer.

definisi dan pengertian kanker paru-paru serta jenis kanker paru primer sel kecil dan non-sel kecil

definisi dan pengertian kanker paru-paru serta jenis kanker paru primer sel kecil dan non-sel kecil

Macam dan Jenis Kanker Paru-paru Primer

Secara umum kanker paru-paru primer dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan jenis selnya, yaitu kanker paru-paru sel kecil (small-cell lung cancer/SCLC) dan kanker paru-paru non-sel kecil (non-small-cell lung cancer/NSCLC).

  • Kanker Paru-Paru Sel Kecil

Sekitar 10% sampai 15% dari semua kanker paru-paru adalah kanker paru-paru sel  kecil (SCLC). Nama lain untuk SCLC adalah oat sel kanker atau karsinoma sel gandum. Kanker paru-paru sel kecil lebih banyak terjadi pada orang yang menjadi perokok berat. SCLC sering dimulai di bronkus dekat pusat dada, dan cenderung proses penyebaran sel kankernya cepat.

jenis kanker paru-paru primer sel kecil (SCLC) atau oat sel kanker atau karsinoma sel gandum yang banyak terjadi para perokok berat

jenis kanker paru-paru primer sel kecil (SCLC) atau oat sel kanker atau karsinoma sel gandum yang banyak terjadi para perokok berat

  • Kanker Paru-Paru Non-Sel Kecil

Pada kasus kanker paru-paru yang terjadi di masyarakat, hampir 80% – 90% adalah jenis kanker paru-paru non-sel kecil. Hal ini terjadi karena memang jenis kanker paru-paru non-sel kecil berpeluang empat kali lebih sering terjadi dibandingkan dengan kanker paru-paru sel kecil.

jenis kanker paru primer non-sel kecil atau NSCLC menjadi jenis kanker paru yang paling banyak terjadi

jenis kanker paru primer non-sel kecil atau NSCLC menjadi jenis kanker paru yang paling banyak terjadi

Penyebab dan Tingkat Resiko Kanker Paru-paru

Teradinya penyakit kanker paru-paru bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu faktor penyebab utama kanker paru-paru adalah asap rokok. Kebiasaan merokok bisa dikatakan sebagai penyebab utama kanker paru-paru yang banyak terjadi. Tingkat resiko kanker paru-paru paling tinggi ada pada orang yang merupakan perokok aktif. Menurut data medis, ada sekitar 80% kasus kanker paru-paru yang terkait langsung dengan kebiasaan merokok penderitanya. Walaupun begitu, tidak semua perokok akan mengalami kanker paru-paru ini, selain itu orang yang tidak merokok juga bisa saja terserang kanker paru-paru. Selain rokok sebagai penyebab utama kanker paru-paru, ada juga faktor penyebab lainnya seperti menghirup arsenik, tingkat radiasi yang tinggi, dan juga karena polusi udara karena asap kendaraan bermotor dan industri. Secara umum, kanker paru-paru lebih banyak terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, walaupun juga tidak menutup kemungkinan kanker paru-paru terjadi pada usia remaja.

faktor utama penyebab kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok dan seorang perokok aktif memiliki tingkat resiko yang tinggi terkena kanker paru

faktor utama penyebab kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok dan seorang perokok aktif memiliki tingkat resiko yang tinggi terkena kanker paru

Metode Pengobatan Kanker Paru-paru

Upaya untuk menyembuhkan kanker paru-paru yang menyerang dapat dilakukan dengan beberapa metode pengobatan yang sudah terbukti ampuh mengatasi kanker paru-paru. Namun perlu diingat, bahwa metode pengobatan kanker paru-paru sangat tergantung pada jenis kanker yang diderita. Tingkat penyebaran kanker dan kondisi kesehatan si penderita juga berpengaruh pada metode pengobatan dan penanganan yang dilakukan. Metode pengobatan kanker paru-paru secara medis yang paling sering digunakan adalah operasi dan radioterapi. Operasi pengangkatan kanker bisa dilakukan jika sel kanker belum menyebar secara luas ke bagian tubuh yang lainnya. Jika kondisi kesehatan tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi pengangkatan, cara penanganan yang lainnya bisa diterapkan. Proses penghancuran sel kanker dengan cara radioterapi bisa dijalankan. Pada umumnya kanker paru-paru tidak akan menimbulkan gejala awal sebelum sel-sel kanker menyebar secara luas ke bagian paru-paru dan bagian tubuh lainnya. Itulah mengapa diperlukan pemeriksaan dan diagnosis sejak dini untuk mengetahui keberadaan sel kanker paru-paru ini sebelum kondisi penyeberannya lebih parah dan membahayakan. Diagnosis kanker paru-paru sejak dini dapat meningkatkan peluang kesembuhan penderita kanker paru-paru.

metode pengobatan kanker paru-paru secara medis dengan operasi pengangkatan sel kanker dan proses penghancuran sel kanker (radioterapi)

metode pengobatan kanker paru-paru secara medis dengan operasi pengangkatan sel kanker dan proses penghancuran sel kanker (radioterapi)

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang definisi dan pengertian kanker paru-paru yang perlu kita ketahui bersama. Mengingat bahwa salah satu faktor utama penyebab kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok, maka cara paling ampuh untuk menghindari dan mencegah penyakit kanker paru-paru adalah dengan berhenti merokok mulai dari sekarang. Jangan lupa juga untuk memeriksakan kondisi kesehatan anda ke dokter secara rutin, supaya jika ternyata ada sel kanker paru-paru yang ditemukan dapat segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan informasi tentang definisi dan pengertian kanker paru-paru ini kepada orang-orang disekitar anda.

Loading...