Cara Menyembuhkan dan Mengobati Penyakit Chikungunya

Cara Menyembuhkan dan Mengobati Penyakit Chikungunya. Cara mengobati penyakit chikungunya bisa dilakukan dengan cara alami maupun dengan perawatan dokter. Tetapi sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara pengobatan penyakit chikungunya, kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu penyakit chikungunya. Penyakit chikungnya merupakan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti. Jenis nyamuk aedes aegypti ini sama dengan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. Walaupun disebabkan oleh gigitan nyamuk yang sama dengan yang menyebabkan penyakit demam berdarah dengue (DBD), tetapi pada penyakit chikungunya anda tidak hanya akan merasakan demam tinggi saja seperti pada penyakit DBD tersebut. Seseorang yang digigit nyamuk aedes aegypti yang menularkan virus chikungunya pada bagian tubuhnya akan sedikit melengkung dan susah untuk berjalan. Hal ini dikarenakan virus chikungunya dari gigitan nyamuk menyerang semua sendi di tubuh dan membuatnya terasa nyeri.

cara menyembuhkan dan mengobati penyakit chikungunya secara alami dan ampuh

cara menyembuhkan dan mengobati penyakit chikungunya secara alami dan ampuh

Gejala Penyakit Chikungunya

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan supaya penyakit chikungunya anda tidak semakin parah, anda harus mengetahui tanda dan gejala awal penyakit chikungunya ini. Gejala awal dari penyakit chikungnya yang mudah diketahui adalah demam tinggi secara mendadak dan sampai menimbulkan ruam kemerahan pada kulit. Biasanya demam chikungunya dan panas tinggi berlangsung kurang lebih selama 4 hari. Selain itu anda akan merasakan nyeri pada bagian persediaan seluruh tubuh anda, terutama di bagian persediaan lutut, jari tangan, tulang belakang dan bagian pergelangan tangan dan kaki. Rasa nyeri ini dapat mengakibatkan lumpuh sementara pada penderitanya. Pada beberapa kasus, rasa nyeri juga terasa sampai ke seluruh otot-otot tubuh.

munculnya gejala ruam merah pada kulit dan nyeri persendian dan tulang akibat gigitan nyamuk chikungunya

munculnya gejala ruam merah pada kulit dan nyeri persendian dan tulang akibat gigitan nyamuk chikungunya

Ketika masuk hari ke empat atau ke lima, akan muncul ruam atau bercak-bercak merah. Tetapi ada juga yang sudah mengalami hal ini sejak hari pertama. Gejala chikungunya dengan munculnya ruam merah pada kulit ini biasanya banyak dialami oleh anak-anak. Sementara pada orang dewasa, yang lebih sering terjadi adalah rasa nyeri pada otot dan persendian yang tidak tertahankan. Jika demam chikungunya terus berlanjut, anda akan merasakan nyeri pada bagian kepala dan juga mengalami pendarahan pada gusi. Jika hal ini terjadi pada anak-anak, terkadang disertai dengan kejang karena demam yang terlalu tinggi. Penyakit chikungnya termasuk penyakit menular namun tidak secara langsung, melainkan harus melalui vektor yaitu gigitan nyamuk. Jika anda mengalami tanda dan gejala tersebut diatas, maka anda harus segera melakukan upaya pengobatan penyakit chikungunya ini. Berikut ini akan kami berikan beberapa tips cara mengobati penyakit chikungunya yang amuh dan efekfit.

Pengobatan Penyakit Chikungnya

Penyakit chikungunya adalah salah satu jenis penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya walaupun tanpa adanya pengobatan secara khusus. Sampai saat ini memang belum ada obat medis yang dapat menyembuhkan penyakit chikungnya secara langsung. Oleh karena itu, biasanya para penderita penyakit chikungunya akan diberikan obat medis yang bertujuan untuk mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri pada persendian dan tulang yang merupakan gejala chikungunya tersebut. Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit chikungunya ini, penderita disarankan untuk istirahat secara total. Istirahat yang cukup diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh agar tidak terlalu lelah, dan sistem kekebalan tubuh akan secara perlahan mengurangi penyebaran virus chikungunya dalam tubuh. Selain itu, cara mengobati penyakit chikungunya secara alami juga bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat, minum air putih, makan buah-buahan serta jus. Cara pengobatan alami ini dapat membantu memulihkan stamina tubuh anda. Jika stamina tubuh anda sudah kembali normal dan kuat, maka virus chikungunya akan segera hilang.

cara menyembuhkan dan mengobati penyakit chikungunya secara alami dengan istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh

cara menyembuhkan dan mengobati penyakit chikungunya secara alami dengan istirahat cukup dan mengkonsumsi makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh

Cara Menyembuhkan Chikungunya dengan Air Kelapa

Cara mengobati penyakit chikungunya secara alami juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan air kelapa. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi air kelapa dapat membantu menyembuhkan penyakit chikungunya. Penelitian ini berdasarkan pada khasiat air kelapa sebagai detokfikasi virus pada hati dan membantu menurunkan suhu tubuh yang tinggi. Selain itu air kelapa juga bisa membuat stamina kembali segar. Oleh karena itu, bagi anda yang saat ini sedang menderita penyakit chikungunya, disarankan untuk mengkonsumsi air kelapa secara rutin, sebagai upaya untuk menyembuhkan penyakit chikungunya yang anda derita.

cara menyembuhkan dan mengobati penyakit chikungunya secara alami dengan air kelapa yang terbukti ampuh

cara menyembuhkan dan mengobati penyakit chikungunya secara alami dengan air kelapa yang terbukti ampuh

Itulah tadi beberapa informasi seputar kesehatan tentang cara mengobati penyakit chikungunya. Walaupun penyakit chikungunya bukanlah jenis penyakit mematikan, namun tentu saja anda harus tetap waspada terhadap penyakit ini. Yang paling terutama adalah dengan melakukan cara pencegahan penyakit chikungunya ini dengan membasmi nyamuk aedes aegypti sebagai faktor utama penyebab chikungunya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa untuk membagikan artikel kesehatan tentang cara mengobati penyakit chikungunya ini kepada orang-orang di sekitar anda.

Loading...