Cara Mengobati Kanker Paru-Paru dengan Pengobatan Medis

Cara Mengobati Kanker Paru-Paru dengan Pengobatan Medis. Dalam upaya untuk menyembuhkan penyakit kanker paru-paru, banyak metode pengobatan yang bisa digunakan baik secara medis maupun secara alami. Mengingat resiko kanker paru-paru yang dapat mengancam nyawa penderitanya, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan pengobatan medis supaya perkembangan sel kanker dalam paru-paru dapat dicegah dan dihentikan dengan cepat sebelum kondisinya semakin parah. Jika saja langkah pencegahan kanker paru-paru sudah dilakukan sejak dini, maka tentu saja tidak perlu untuk melakukan pengobatan yang dapat menghabiskan biaya yang cukup besar. Cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis tidak jauh berbeda dengan pengobatan jenis kanker lainnya, dimana metode pengobatan yang dipakai bertujuan untuk menghentikan dan menghancurkan sel kanker yang menyebar ke organ-organ tubuh lainnya. Pilihan metode pengobatan kanker paru-paru disesuaikan dengan jenis kanker paru-paru yang di derita, selain itu juga berdasarkan pada ukuran sel kanker, posisi sel kanker, dan juga tahapan/stadium kanker yang di derita. Selain itu, faktor kondisi kesehatan pasien juga berperan penting dalam pemilihan metode pengobatan kanker paru-paru. Meskipun terdapat cara pengobatan alami yang bisa anda terapkan, namun dalam artikel kali ini khusus hanya akan dibahas cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis.

beberapa metode dan cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis dalam dunia kedokteran

beberapa metode dan cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis dalam dunia kedokteran

Penyembuhan dan Pengobatan Kanker Paru-Paru Secara Medis

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis yang paling banyak digunakan dalam dunia kedokteran. Tujuan utama dari pengobatan kanker paru-paru secara medis adalah untuk menekan perkembangan sel kanker, dan juga untuk merusak/menghancurkan sel kanker yang sudah berkembang dalam organ tubuh seperti paru-paru. Apa saja metode pengobatan kanker paru-paru secara medis yang banyak dilakukan? Simak ulasannya berikut ini.

Operasi Pengangkatan Kanker Paru-Paru

Cara mengobati kanker paru-paru secara medis yang pertama adalah dengan melakukan operasi pengangkatan kanker paru-paru. Operasi ini dilakukan untuk mengangkat kanker paru-paru serta sebagian jaringan sehat disekitarnya. Hal ini dilakukan demi mengantisipasi jika ada sel kanker yang sudah menyebar. Operasi pengangkatan kanker bisa dilakukan jika kanker yang di derita hanya berada di satu sisi organ paru-paru dan belum menyebar luas. Selain itu, kondisi kesehatan penderita kanker paru-paru perlu diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan bahwa operasi memungkinkan untuk dilakukan. Setelah operasi pengangkatan kanker sudah selesai dilakukan, biasanya pengobatan akan dilanjutkan dengan kemoterapi untuk melenyapkan dan menghancurkan sel-sel kanker yang masih tersisa.

cara dan prosedur operasi pengangkatan kanker paru-paru bertujuan untuk mengangkat sel kanker dan mencegah penyebaran sel kanker secara luas

cara dan prosedur operasi pengangkatan kanker paru-paru bertujuan untuk mengangkat sel kanker dan mencegah penyebaran sel kanker secara luas

Proses dan prosedur operasi pengangkatan kanker paru-paru

  • Wedge resection

Wedge resection adalah prosedur operasi yang mengangkat sebagian kecil jaringan paru-paru karena tumor yang ada berukuran kecil atau jika kinerja paru-paru penderita telah menurun karena operasi lobektomi yang telah dijalani sebelumnya.

  • Lobektomi

Lobektomi adalah proses pengangkatan seluruh bagian lobus dalam satu paru-paru. Lobus adalah bagian dari paru-paru yang memiliki batas jelas. Paru-paru kanan terdiri dari tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri dari dua lobus. Dalam prosedur lobektomi, seluruh lobus dari paru-paru yang terserang kanker akan diangkat. Paru-paru masih bisa berfungsi dengan sisa lobus yang ada.

  • Pneumonektomi

Pneumonektomi adalah prosedur operasi pengangkatan satu sisi paru-paru secara keseluruhan. Pelaksanaan prosedur ini hanya jika terpaksa, misalnya karena sel-sel kanker berada di tengah satu sisi paru-paru atau sudah menyebar ke seluruh bagian paru-paru tersebut.

Bagi orang awam, prosedur operasi pengangkatan kanker paru-paru diatas terlihat sangat rumit dan bisa jadi menakutkan. Jika sebagian dari paru-paru diangkat selama proses operasi, maka sisa jaringan yang masih ada akan mengembang setelah beberapa lama. Proses pengembangan jaringan paru-paru secara alami ini akan membuat bernapas menjadi makin mudah. Proses pemulihan setelah operasi pengangkatan kanker paru-paru membutuhkan waktu beberapa minggu. Perlu anda ketahui, bahwa operasi pengangkatan kanker paru-paru juga memiliki resiko terjadinya komplikasi. Contoh resiko komplikasi akibat operasi paru-paru antara lain terjadinya peradangan pada paru-paru, pendarahan, dan penggumpalan darah.

Radioterapi Kanker Paru-Paru

Cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis yang selanjutnya adalah dengan radioterapi. Pengobatan dengan terapi radiasi (radioterapi) ini bertujuan untuk membunuh dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh. Pada pasien kanker paru-paru yang masih memungkinkan untuk dilakukan operasi pengangkatan kanker, maka radioterapi dapat dilakukan pascaoperasi untuk membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa. Sementara bagi pasien kanker paru-paru yang kondisinya sudah cukup parah dan tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi, maka radioterapi dilakukan untuk meredakan gejala kanker paru-paru atau rasa sakit dan memperlambat tingkat penyebaran kanker.

pengobatan kanker paru-paru dengan radioterapi (terapi radiasi) bertujuan untuk menghancurkan dan membunuh sel kanker dalam paru-paru

pengobatan kanker paru-paru dengan radioterapi (terapi radiasi) bertujuan untuk menghancurkan dan membunuh sel kanker dalam paru-paru

Ada beberapa kemungkinan terjadinya efek samping akibat radioterapi yaitu :

  • Batuk hingga mengeluarkan dahak bercampur darah
  • Sakit pada bagian dada
  • Kesulitan dalam menelan
  • Kulit memerah dan terasa perih
  • Sering merasa kelelahan

Kemoterapi Kanker Paru-Paru

Cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis yang selanjutnya adalah dengan kemoterapi. Pasien penderita kanker paru-paru akan menjalani pengobatan kemoterapi secara berkala dalam waktu beberapa minggu atau bulan dengan diselingi waktu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh. Pengobatan kanker paru-paru dengan kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel-sel kanker, memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, dan menghambat prsoes penyebaran sel kanker ke organ lainnya dengan menggunakan obat-obatan keras. Pada beberapa kasus, kemoterapi dilakukan sebelum operasi pengangkatan kanker paru-paru yang bertujuan untuk membuat kanker menyusut sehingga lebih mudah untuk diangkat. Sama halnya dengan radioterapi, kemoterapi juga bisa dilakukan pascaoperasi untuk membunuh sel-sel kanker yang masih tersisa dalam organ tubuh.

cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan kemoterapi bertujuan untuk membunuh dan menghancurkan sel kanker sebelum dan setelah operasi pengangkatan

cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan kemoterapi bertujuan untuk membunuh dan menghancurkan sel kanker sebelum dan setelah operasi pengangkatan

Prosedur kemoterapi yang menggunakan obat-obatan keras untuk membunuh sel kanker tentu saja dapat menyebabkan beberapa efek samping. Efek samping yang akan muncul akibat kemoterapi antara lain kelelahan fisik, mual, muntah, kerontokan rambut, serta munculnya tukak pada perut. Kemoterapi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih rentan untuk terkena infeksi.

Terapi Biologis Kanker Paru-Paru

Cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis yang terakhir dalam artikel ini adalah dengan melakukan terapi biologis. Langkah pengobatan ini biasa dilakukan sebagai pilihan alternatif dari kemoterapi. Terapi biologis ini dilakukan dengan menggunakan obat-obatan seperti erlotinib dan gefitinib yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Penggunaan terapi bilogis sebagai metode pengobatan kanker paru-paru biasa direkomendasikan bagi pasien yang mengidap jenis kanker paru-paru non-sel kecil yang telah menyebar luas sehingga sulit untuk diobati dengan radioterapi atau operasi.

pengobatan kanker paru-paru dengan terapi biologis adalah alternatif kemoterapi yang dilakukan dengan jenis obat-obatan tertentu

pengobatan kanker paru-paru dengan terapi biologis adalah alternatif kemoterapi yang dilakukan dengan jenis obat-obatan tertentu

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang beberapa cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis yang biasa dilakukan untuk menyembuhkan jenis penyakit kanker ini. Untuk kondisi kanker yang telah menyebar, hanya radioterapi dan/atau kemoterapi yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penderita kanker paru-paru. Selain itu, terapi biologis juga tersedia sebagai alternatif dari kemoterapi. Terapi biologis bertujuan untuk mengendalikan dan menekan perkembangan kanker. Mengingat hal ini, disarankan untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan baik, serta melakukan upaya pencegahan kanker paru-paru dengan menghindari beberapa faktor pemicu dan penyebab kanker paru-paru. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, dan jangan lupa untuk membagikan artikel kesehatan tentang cara mengobati kanker paru-paru dengan pengobatan medis ini kepada orang-orang disekitar anda yang mungkin saja sedang menderita kanker paru-paru.

Loading...