Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami. Pada masa awal kehamilan, ibu hamil mudah biasanya akan mengalami masalah mual di pagi hari yang biasa disebut dengan morning sickness. Terjadinya morning sickness pada ibu hamil mudah merupakan salah satu gejala dan tanda awal kehamilan yang kadang membuat ibu hamil muda merasa tidak nyaman dan terganggu. Rasa mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil muda terkadang bahkan membuat nafsu makan selama masa kehamilan menurun drastis, hal inilah yang membuat ibu hamil muda banyak mengalami kekurangan gizi dan nutrisi karena memang susah untuk makan. Jika anda adalah salah satu dari sekian banyak ibu hamil muda yang susah untuk makan selama masa kehamilan, anda perlu meningkatkan nafsu makan anda dengan beberapa cara yang pernah dibahas disini ( Baca : Cara Meningkatkan Nafsu Makan Ibu Hamil ). Tahukan anda apa sebenarnya yang menjadi penyebab morning sickness atau mual di pagi hari? Rasa mual yang sering dirasakan oleh para ibu hamil muda ini sebenarnya terjadi karena peningkatan hormon ketika seorang wanita sedang hamil, terutama progesteron, estrogen, dan hCG yang akan mempengaruhi beberapa fungsi organ tubuh. Bahkan ada fakta yang membuktikan bahwa rasa mual ini akan dialami oleh 70 persen wanita hamil, sedangkan untuk kondisi mual yang disertai muntah biasanya dialami oleh sekitar 50 persen wanita hamil. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami yang dapat membantu mengurangi masalah umum kehamilan ini.

cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami yang ampuh dan efektif menghilangkan mual atau morning sickness

cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami yang ampuh dan efektif menghilangkan mual atau morning sickness

Apakah Mual Pada Ibu Hamil Muda Berbahaya?

Rasa mual yang terkadang disertai dengan muntah yang dialami oleh ibu hamil secara umum lebih sering terjadi pada usia kehamilan 6 minggu maupun sudah terjadi sebelumnya. Pada usia kehamilan 8 minggu kondisi mual dan muntah pada ibu hamil muda ini akan semakin meningkat. Banyak ibu hamil muda yang bertanya-tanya apakah mual yang terjadi selama masa awal kehamilan ini berbahaya atau tidak? Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya jawabannya sudah sangat jelas, bahwa terjadinya mual dan muntah pada ibu hamil muda adalah suatu kondisi yang normal dan wajar serta tidak membahayakan ibu dan janin dalam kandungan. Walaupun begitu, ibu hamil muda tetap perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami.

morning sickness atau mual pagi hari yang dialami ibu hamil muda adalah normal dan tidak berbahaya

morning sickness atau mual pagi hari yang dialami ibu hamil muda adalah normal dan tidak berbahaya

Meskipun mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil muda pada masa awal kehamilan adalah hal yang normal, namun anda tetap harus waspada terhadap masalah ini. Jika kondisi mual dan muntah selama masa kehamilan ini terus bertambah buruk, maka anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan guna memastikan tidak ada masalah kesehatan yang menjadi pemicu mual dan muntah tersebut. Morning sickness atau mual dan muntah pada ibu hamil yang normal biasanya terjadi selama 14 minggu kehamilan pertama. Jika morning sickness yang anda alami lebih dari 14 minggu masa kehamilan awal, maka bisa jadi anda mengalami sindrom Hipremesis Gravidarium. Sindrom ini akan membuat rasa mual dan muntah yang anda alami menjadi lebih parah dan lebih lama. Jika dibiarkan terus menerus maka dapat menyebabkan ibu hamil mudah mengalami dehidrasi dan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, anda harus segera mengambil tindakan yang diperlukan, salah satunya adalah dengan cara mengatasi mual saat hamil mudah secara alami yang akan dibahas berikut ini.

Cara Alami Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Trimester Pertama

Beberapa cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas fisik ringan, dan juga dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan pencegah mual saat hamil muda. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami yang perlu anda ketahui.

  • Istirahat yang cukup

Ibu hamil harus selalu menjaga kondisi badannya untuk tetap sehat dan bugar, salah satu caranya adalah dengan istirahat yang cukup dan tidak melakukan aktifitas fisik yang berat. Jika anda adalah seorang wanita karir, anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil cuti selama masa kehamilan. Dengan waktu istirahat yang cukup serta menghindari beban pikiran dan stress adalah cara mengatasi mual saat hamil mudah secara alami yang terbukti efektif. Anda juga bisa mengatur posisi tidur saat hamil supaya anda merasa nyaman dan memiliki waktu tidur yang berkualitas.

ibu hamil muda perlu istirahat yang cukup untuk mengatasi dan menghilangkan rasa mual dan muntah di pagi hari selama kehamilan trimester pertama

ibu hamil muda perlu istirahat yang cukup untuk mengatasi dan menghilangkan rasa mual dan muntah di pagi hari selama kehamilan trimester pertama

  • Relaksasi dan olahraga ringan

Melakukan relaksasi dan olahraga ringan dapat membantu ibu hamil muda untuk tetap dalam kondisi fisik yang bugar. Tidak perlu untuk melakukan aktifitas yang berat, anda cukup dengan menggerakkan tubuh anda dengan santai, misalnya dengan jalan-jalan di pagi dan sore hari, ataupun dengan melakukan senam ibu hamil. Aktivitas fisik ringan yang anda lakukan tersebut adalah cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami yang ampuh untuk mengurangi rasa mual yang anda alami selama masa awal kehamilan. Selain itu, melakukan olahraga ringan juga memiliki dampak positif bagi anda dan janin dalam kandungan.

olahraga ringan seperti berjalan dan senam hamil dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil muda selama masa awal kehamilan

olahraga ringan seperti berjalan dan senam hamil dapat mengurangi rasa mual dan muntah pada ibu hamil muda selama masa awal kehamilan

  • Mengkonsumsi Buah Segar

Ada beberapa ibu hamil muda yang suka ngemil dan makan makanan ringan selama masa kehamilan. Ada baiknya bagi anda untuk mengganti camilan anda dengan beberapa jenis buah-buahan segar yang dapat membantu mengurangi rasa mual saat hamil muda. Jenis buah yang mengandung antioksidan dan berbagai vitamin adalah makanan pencegah mual saat hamil yang alami. Namun perlu diingat bahwa ada beberapa jenis buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil muda, seperti nanas, pepaya muda, durian, delima, dan beberapa jenis buah lainnya karena dapat menyebabkan keguguran.

mengkonsumsi buah segar bermanfaat untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil muda pada trimester pertama

mengkonsumsi buah segar bermanfaat untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil muda pada trimester pertama

  • Mengatur pola makan

Cara mengatasi mual saat hamil muda berikutnya adalah dengan mengatur pola makan sehat untuk ibu hamil. Ibu hamil muda disarankan untuk tidak terlalu kenyang saat makan, oleh karena itu anda bisa mengurangi porsi makan anda saat hamil. Makan dengan porsi yang sedikit namun dengan waktu yang efektif dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil muda. Selain itu anda juga perlu memperbanyak konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi selama masa kehamilan.

mengatur pola makan saat hamil dapat mengurangi dan mengatasi morning sickness atau mual saat awal kehamilan

mengatur pola makan saat hamil dapat mengurangi dan mengatasi morning sickness atau mual saat awal kehamilan

  • Mengonsumsi Jahe

Jahe sudah dikenal memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh, makanya tidak heran jika salah satu cara mengatasi mual saat hamil muda adalah dengan mengonsumsi jahe. Anda dapat menghilangkan rasa mual saat hamil muda dengan cara mencampurkan jahe ke dalam segelas teh hangat, atau juga bisa dengan mengkonsumsi wedang jahe yang dibuat secara alami. Tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman jahe instan yang biasa dijual di pasaran.

khasiat dan manfaat jahe untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil muda pada trimester pertama kehamilan

khasiat dan manfaat jahe untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil muda pada trimester pertama kehamilan

Itulah tadi informasi dan tips tentang cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami yang bisa anda coba dirumah. Terjadinya rasa mual dan muntah (morning sickness) pada ibu hamil muda adalah hal yang normal dan wajar serta tidak berbahaya. Namun jika kondisi ini bertambah buruk, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terdekat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda yang membutuhkan, dan jangan lupa untuk membagikan artikel kehamilan tentang cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami ini kepada keluarga dan sahabat anda yang saat ini sedang dalam masa awal kehamilan.

Loading...