Cara Mencegah Penyakit Vertigo

Cara mencegah penyakit vertigo yang efektif memang menjadi suatu informasi yang cukup penting dan banyak dicari oleh para penderita vertigo. Sebagaimana yang diketahui banyak orang penyakit vertigo ini dikenal sebagai penyakit yang tidak menular namun menjadi momok tersendiri sebab penderita vertigo akan merasakan sakit kepala yang begitu menyiksa. Yang merepotkan lagi penyakit vertigo bisa muncul secara tiba-tiba yang membuat aktifitas sehari-hari menjadi terganggu. Bayangkan saja ketika sedang melakukan presentasi penting mendadak kepala terasa sakit akibat vertigo tentu saja hal ini membuat presentasi yang dilakukan menjadi kurang maksimal. Walau begitu anda tidak perlu khawatir karena ada cara mencegah penyakit vertigo yang ampuh dan efektif berikut ini.

tips cara mencegah penyakit vertigo yang ampuh dan efektif

tips cara mencegah penyakit vertigo yang ampuh dan efektif

Penyebab Vertigo Secara Umum

Akan tetapi selain mengetahui cara mencegah penyakit vertigo yang efektif penting juga untuk mengetahui apa saja sebenarnya yang menjadi penyebab dari vertigo. Penyebab dari vertigo yang paling umum adalah migrain yang termasuk salah satu jenis sakit kepala namun bisa sampai mempengaruhi penglihatan. Biasanya vertigo yang disebabkan oleh migrain ini tidak hanya berlangsung selama beberapa menit saja tetapi bisa sampai berhari-hari. Selain itu vertigo juga dapat disebabkan oleh penyakit yang menyerang sistem saraf pusat. Penyebab penyakit vertigo yang lainnya yaitu gangguan telinga bagian dalam. Infeksi seperti flu dan pilek juga dapat menyebabkan vertigo karena mempengaruhi kinerja dari telinga bagian dalam. Selain beberapa penyebab dari penyakit vertigo di atas sebenarnya masih ada penyebab lainnya mulai dari penyakit meniere, gangguan penglihatan, mabuk kendaraan sampai posisi tidur.

penyebab penyakit vertigo secara umum adalah sakit kepala sebelah atau migren dan karena infeksi telinga dalam

penyebab penyakit vertigo secara umum adalah sakit kepala sebelah atau migren dan karena infeksi telinga dalam

Upaya Pencegahan Penyakit Vertigo Yang Ampuh dan Efektif

Lalu mengenai cara mencegah penyakit vertigo bisa dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tidak sulit untuk menerapkan gaya hidup yang sehat dan anda bisa memulainya dengan memperhatikan betul makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Selain memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayur, buah-buahan dan sumber protein seperti daging dan ikan-ikanan, anda juga mesti menghindari mengkonsumsi makanan yang kurang baik bila dikonsumsi secara berlebih contohnya makanan dengan kandungan kalori yang tinggi dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

cara mencegah penyakit vertigo secara alami dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat

cara mencegah penyakit vertigo secara alami dengan menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat

Cara mencegah penyakit vertigo yang kedua yaitu dengan menjaga kondisi fisik agar tetap fit. Apabila kondisi tubuh anda tidak fit maka anda akan mudah terkena infeksi virus seperti flu dan ini bisa membuat anda mengalami vertigo. Untuk cara mencegah penyakit vertigo yang ketiga tidak lain adalah dengan menjaga pikiran agar tidak stres. Salah satu alasan mengapa banyak dari kalangan pekerja yang menderita vertigo karena mereka mengalami stres akibat tekanan pekerjaan. Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah vertigo. Terakhir kami juga menyarankan kepada anda untuk segera berkonsultasi dengan dokter jika merasa memiliki tanda dan gejala awal terserang vertigo.

Cara Mencegah Penyakit Vertigo Kambuh Lagi

Bagi anda yang sudah pernah mengalami penyakit vertigo, tentu saja anda tidak ingin bahwa penyakit vertigo yang pernah anda alami kambuh lagi. Oleh karena itu, anda juga perlu mengetahui cara mencegah penyakit vertigo kambuh lagi agar anda tidak perlu lagi tersiksa dengan rasa sakit kepala karena vertigo. Berikut ini adalah tips agar penyakit vertigo tidak kambuh lagi yang bisa anda coba.

tips cara mencegah penyakit vertigo kambuh lagi yang terbukti ampuh dan efektif

tips cara mencegah penyakit vertigo kambuh lagi yang terbukti ampuh dan efektif

  • Anda dapat mengurangi dampak vertigo yang terjadi dengan cara mengubah posisi anda perlahan-lahan, terutama saat berpindah dari posisi berbaring atau duduk ke posisi berdiri. Ketika anda keluar dari tempat tidur, duduk di sisi tempat tidur selama beberapa detik agar system peredaran darah menyesuaikan perubahan.
  • Ketika berjalan, fokus pada objek yang jauh. Jangan melihat ke bawah kaki anda. Hindari berjalan di daerah gelap atau di tanah yang tidak stabil. Ketika mengendarai mobil, cobalah untuk duduk di kursi depan. Melihat keluar jendela pada satu titik dan ketika berbelok pusatkan pandangan Anda di objek yang jauh dari tepi jalan yang berbelok.
  • Hindari kegiatan seperti menggerakkan kepala ke atas dan ke bawah berulang-ulang. Cobalah untuk menghindari menjaga kepala dengan posisi miring untuk jangka waktu yang lama, misalnya saat melukis atau membersihkan debu atas kepala anda. Berhati-hati ketika menggunakan obat-obat yang dapat menyebabkan masalah keseimbangan sebagai efek sampingnya.

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang cara mencegah penyakit vertigo yang ampuh dan efektif. Bagi anda yang pernah menderita vertigo, anda juga perlu menerapkan tips cara mencegah penyakit vertigo kambuh yang disampaikan diatas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa bagikan informasi tentang cara mencegah penyakit vertigo ini kepada orang-orang yang anda kasihi.

Loading...