Cara Mencegah Penyakit Tipes (Tifus) Yang Ampuh

Cara mencegah penyakit tipes (tifus) harus anda ketahui supaya anda sekeluarga bisa terhindari dari salah satu jenis penyakit menular ini. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi pada saluran pencernaan ini dapat menyerang siapa saja, entah itu anak-anak atau orang dewasa. Masa inkubasi dari bakteri salmonella typhi cukup lama yaitu sekitar 1 sampai 2 minggu. Lamanya masa inkubasi penyakit tipes ini membuat banyak orang tidak mengetahui kalau sudah terserang penyakit tipes. Tetapi memang lebih baik mencegah daripada harus mengobati. Sebelum mengetahui cara mencegah penyakit tipes (tifus), mungkin anda harus mengetahui ciri-ciri orang yang terkena penyakit tipes.

cara mencegah penyakit tipes (tifus) pada anak dan orang dewasa yang ampuh dan efektif secara alami

cara mencegah penyakit tipes (tifus) pada anak dan orang dewasa yang ampuh dan efektif secara alami

Ciri-Ciri Penderita Penyakit Tipes

Banyak penderita penyakit tipes yang tidak menyadari kalau sudah terinfeksi bakteri salmonella typhi. Mereka mengira demam yang mereka alami hanya demam biasa. Tetapi ada beberapa perbedaan demam biasa dan demam karena penyakit tipes. Biasanya orang yang terkena penyakit tipes bisa mengalami demam tinggi, bahkan terkadang mencapai 39 sampai 40 derajat Celsius. Ini yang membuat badan cepat lemas, mual, nafsu makan berkurang serta muncul ruam-ruam pada bagian dada dan perut. Pada anak-anak, ciri serta gejala penyakit tipes biasanya sedikit berbeda, yaitu terjadinya diare pada anak yang menderita penyakit tipes. Sedangkan pada orang dewasa, ciri khusus penyakit tipes adalah terjadinya sembelit. Jika sudah mengetahui gejala awal dari penyakit tipes ini segeralah untuk membawanya ke dokter, supaya segera bisa ditangani dengan tepat. Jangan menunggu terlalu lama untuk mengambil tindakan medis, karena jika penyakit tipes dibiarkan saja maka akan mengakibatkan dampak lain yang lebih berbahaya.

ciri penyakit tipes adalah demam tinggi, mual ingin muntah, ruam merah pada kulit, nafsu makan turun, diare pada anak, dan sembelit pada orang dewasa

ciri penyakit tipes adalah demam tinggi, mual ingin muntah, ruam merah pada kulit, nafsu makan turun, diare pada anak, dan sembelit pada orang dewasad

Pencegahan Penyakit Tipes Yang Ampuh dan Efektif

Cara mencegah penyakit tipes (tifus) sebenarnya sangat banyak sekali. Mungkin anda semua sudah tahu kalau penyakit tipes dapat menular. Penularan penyakit tipes bisa dari makanan, minuman atau kotoran yang sudah terkontaminasi bakteri salmonella typhi. Ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mencegah penyakit tipes ini. Pertama jangan sembarangan makan makanan atau jajan di pinggir jalan, karena kita tidak pernah tahu bagaimana makanan tersebut diolah dan juga tentang kebersihannya. Ketika membeli makanan diluar, coba lihatlah apakah tempat makan tersebut cukup higienis atau tidak. Terkadang banyak makanan yang proses pengolahannya seperti penggorengan atau masaknya kurang bersih. Hal ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu dan penyebab penyakit tipes yang perlu anda hindari.

mengkounsumsi makanan sehat bergizi dan higienis adalah cara pencegahan penyakit tipes yang ampuh dan efektif

mengkounsumsi makanan sehat bergizi dan higienis adalah cara pencegahan penyakit tipes yang ampuh dan efektif

Cara mencegah penyakit tipes (tifus) yang kedua adalah dengan mengurangi makan telur mentah atau setengah matang. Terkadang didalam telur yang belum matang masih terdapat bakteri yang berbahaya. Makan makanan yang bergizi, olahraga yang cukup, istirahat yang cukup, dan atur pola makan sehat dengan baik dapat menurunkan resiko terkena penyakit tipes. Jika anda melakukan hal-hal tersebut, ini sudah bisa membuat anda terhindari dari penyakit tipes. Selain itu dengan daya tahan yang tinggi akan membuat anda terhindar dari berbagai macam penyakit yang tentu saja tidak akan mengganggu segala bentuk aktifitas anda. Langkah-langkah tersebut memang terlihat sederhana, namun jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh tentu saja dapat membuat anda terhindari dari penyakit tipes yang menyerang organ pencernaan ini.

manfaat kebiasaan mencuci tangan sebelum makan untuk menghindari penyakit tipes yang disebabkan oleh kuman dan bakteri

manfaat kebiasaan mencuci tangan sebelum makan untuk menghindari penyakit tipes yang disebabkan oleh kuman dan bakteri

Bagi anda yang sudah terlanjut terkena penyakit tipes, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu istirahatlah sampai benar-benar daya tahan tubuh anda pulih, selain itu juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak seperti bubur. Dengan begitu sistem pencernaan anda yang terinfeksi bakteri penyebab tipes akan perlahan membaik dan anda bisa lebih cepat pulih. Selain itu jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, khususnya jika anda baru dari luar rumah atau setelah beraktifitas. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang terdapat banyak bakteri dan kuman, sehingga dengan mencuci tangan dapat mengurangi resiko penularan bakteri ke organ pencernaan anda.

makanan lunak seperti bubur adalah makanan untuk orang tipes yang baik dan bermanfaat untuk membantu menyembuhkan infeksi usus karena tipes

makanan lunak seperti bubur adalah makanan untuk orang tipes yang baik dan bermanfaat untuk membantu menyembuhkan infeksi usus karena tipes

Itulah tadi informasi seputar kesehatan tentang bagaimana cara mencegah penyakit tipes (tifus) yang ampuh dan efektif. Langkah-langkah sederhana tersebut jika dilakukan dengan benar sangat ampuh menghindarkan diri anda dari segala bentuk penyakit, salah satunya adalah penyakit tipes yang sedang kita bahas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda semua yang membacanya, dan jangan lupa bagikan artikel kesehatan tentang cara mencegah penyakit tipes (tifus) ini kepada orang-orang yang anda kasihi.

Loading...