Cara Mencegah Penyakit Chikungunya

Cara mencegah penyakit chikungunya sepertinya wajib anda ketahui dan anda lakukan karena sampai saat ini vaksin maupun obat untuk mengatasi penyakit chikungunya ini belum ditemukan. Gejala penyakit chikungunya diantaranya seperti demam mendadak dengan suhu tubuh mencapai 39 derajat celcius, nyeri pada pergelangan tangan dan kaki serta pada persendian dan tulang belakang, disertai dengan ruam pada kulit. Ada pula gejala lain yang mungkin dialami penderita penyakit chikungunya yaitu mual dan muntah, sakit perut, sakit kepala, nyeri otot, kemerahan pada conjungtiva, pembesaran pada bagian kelenjar getah bening, kadang disertai juga dengan rasa gatal pada ruam.

Pencegahan Chikungunya 

cara mencegah penyakit chikungunya sejak dini dengan langkah pencegahan yang ampuh dan efektif

cara mencegah penyakit chikungunya sejak dini dengan langkah pencegahan yang ampuh dan efektif

Beberapa tindakan pencegahan yang bisa diambil guna mencegah terjangkit virus yang dibawa oleh nyamuk penyebar penyakit chikungunya yaitu nyamuk aedes aegypti, diantaranya adalah dengan memberantas atau sebisa mungkin menghindari gigitan nyamuk tersebut. Nyamuk pembawa virus chikungunya ini paling senang berada di tempat-tempat yang terdapat genangan air yang bersih, mereka akan bersarang dan berkembang biak di tempat-tempat tersebut. Nyamuk pembawa virus chikungunya ini sangat senang berkembang biak di bak mandi, kaleng atau botol bekas, vas bunga dan tempat-tempat lain yang ada genangan air bersih. Selain itu nyamuk pembawa virus chikungunya ini juga sangat gemar bersembunyi di balik benda yang menggantung seperti baju dan pakaikan yang digantung di balik pintu kamar, gorden dan yang lainnya. Nyamuk pembawa virus chikungunya ini juga sangat senang berada di tempat yang gelap serta pengap. Nyamuk aedes aegypti merupakan jenis nyamuk yang sangat aktif di siang hari.

memberantas nyamuk aedes aegypti penyebab chikungunya adalah langkah pencegahan chikungunya yang paling efektif

memberantas nyamuk aedes aegypti penyebab chikungunya adalah langkah pencegahan chikungunya yang paling efektif

Memberantas Nyamuk Penyebab Chikungunya

Cara mencegah penyakit chikungunya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara yang bisa dilakukan guna memberantas nyamuk pembawa virus chikungunya ini yang bernama aedes aegypti antara lain adalah dengan menguras dan membersihkan berbagai wadah yang bisa menjadi genangan air, seperti pot, ember, bak mandi, tempayan, vas bunga dan lain sebagainya. Lakukan pembersihan dan pengurasan minimal seminggu sekali. Dan jika harus atau terpaksa membiarkan air berada dalam tempat penyimpanan dalam waktu yang lama, maka sebaiknya tutup rapat tempat penampungan air tersebut. Dan jika terjadi keadaan klb, tindakan yang sebaiknya dilakukan antara lain adalah pengobatan kepada penderita, kemudian penyelidikan epidemilogi dan pemeriksaan jentik. Selain itu dilakukan juga pengambilan serta pengiriman sampel serum penderita penyakit chikungunya. Serta tindakan pemberantasan sarang nyamuk seperti 3m, larvasiding dan ikanisasi juga perlu dilakukan. Selain itu penanggulangan dengan cara fogging juga bisa dilakukan jika diperlukan. Penyuluhan kesehatan juga sangat diperlukan bagi masyarakat serta kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam penggerakan masyarakat juga harus dilakukan.

cara mencegah penyakit chikungunya dengan menghindari gigitan nyamuk penyebab chikungunya dan melakukan pembersihan lingkungan dengan program 3M

cara mencegah penyakit chikungunya dengan menghindari gigitan nyamuk penyebab chikungunya dan melakukan pembersihan lingkungan dengan program 3M

Itulah tadi beberapa upaya pencegahan dan cara mencegah penyakit chikungunya yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyakit akibat gigitan nyamuk ini. Semoga informasi seputar kesehatan ini dapat bermanfaat untuk anda, dan jangan lupa bagikan informasi tentang cara mencegah penyakit chikungunya ini kepada orang-orang disekitar anda.

Loading...