Cara Mencegah Kanker Paru-Paru Sejak Dini

Cara Mencegah Kanker Paru-Paru Sejak Dini. Dari beberapa jenis penyakit kanker yang ada, kanker paru-paru adalah salah satu jenis penyakit kanker yang bisa disembuhkan dengan beberapa metode pengobatan baik medis maupun secara alami. Meskipun penyakit kanker paru-paru bisa disembuhkan, tentu saja tidak ada satupun orang yang ingin menderita penyakit ini. Ketika mendengar kata “Kanker” pasti semua orang sudah merasa takut dan khawatir. Hal ini sangat wajar, karena memang penyakit kanker adalah penyakit yang mematikan, dimana tingkat kematian karena kanker sangat tinggi dan terus bertambah setiap tahunnya. Oleh karena itu, langkah paling bijak untuk terhindari dari penyakit mematikan ini adalah dengan melakukan upaya dan cara pencegahan kanker paru-paru sejak dini. Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk menghindari kanker paru-paru adalah dengan mempelajari karakteristik kanker paru-paru tersebut, mulai dari pengertian kanker paru-paru, ciri dan gejala kanker paru-paru, serta yang tidak kalah penting adalah mengetahui faktor pemicu dan penyebab kanker paru-paru. Dengan mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kanker paru-paru, anda akan lebih mudah melakukan upaya pencegahan yang tepat dan efektif. Lalu, apa saja cara mencegah kanker paru-paru sejak dini yang perlu anda lakukan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

upaya pencegahan dan cara mencegah kanker paru-paru sejak dini yang efektif menjaga kesehatan paru-paru

upaya pencegahan dan cara mencegah kanker paru-paru sejak dini yang efektif menjaga kesehatan paru-paru

Metode dan Cara Pencegahan Kanker Paru-Paru yang Efektif

Syarat utama untuk bisa terhindar dari penyakit kanker paru-paru adalah dengan menghindari beberapa faktor yang menjadi penyebab utama kanker paru-paru. Selain itu, selalu mejaga kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh juga bisa membantu anda dalam mencegah terjadinya kanker paru-paru yang berbahaya ini. Berikut penjelasan lengkap mengenai cara mencegah kanker paru-paru yang efektif.

  • Berhenti merokok dan jangan jadi perokok pasif

Kebiasaan merokok adalah penyebab utama kanker paru-paru yang paling sering terjadi. Hampir 80% kasus kanker paru-paru terjadi karena kebiasaan merokok dalam waktu yang cukup lama. Tidak hanya perokok aktif yang dapat mengalami penyakit kanker paru-paru, namun juga dapat terjadi pada perokok pasif yang hanya menghirup asap rokok tanda sengaja. Oleh karena itu, cara mencegah kanker paru-paru yang paling efektif adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok bagi para perokok aktif. Sedangkan bagi perokok pasif, disarankan untuk menghindari lingkungan yang dipenuhi asap rokok. Selain dapat mencegah terjadinya kanker paru-paru, berhenti merokok juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara umum, termasuk menghindari penyakit jantung.

berhenti merokok dan tidak menjadi perokok pasif adalah cara mencegah kanker paru-paru yang paling ampuh dan efektif

berhenti merokok dan tidak menjadi perokok pasif adalah cara mencegah kanker paru-paru yang paling ampuh dan efektif

  • Hindari interaksi dengan zat kimia penyebab kanker

Bagi orang yang bekerja di lingkungan yang berhubungan dengan zat kimia, tingkat resiko terkena kanker paru-paru dan beberapa jenis kanker lainnya akan sangat tinggi. Pajanan di tempat kerja yang penuh dengan zat kimia adalah salah satu faktor pemicu dan penyebab kanker paru-paru yang perlu anda hindari. Jika memang terpaksa untuk bekerja di lingkungan yang berhubungan dengan zat kimia berbahaya, usahakan untuk selalu menggunakan alat kelengkapan keselamatan yang sesuai dengan standar operasional untuk mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru. Menggunakan alat keselamatan yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat anda bekerja adalah cara mencegah kanker paru-paru yang efektif.

menghindari interaksi dengan senyawa dan zat kimia penyebab kanker adalah upaya pencegahan kanker paru-paru yang efektif

menghindari interaksi dengan senyawa dan zat kimia penyebab kanker adalah upaya pencegahan kanker paru-paru yang efektif

  • Gunakan masker untuk menghindari polusi udara masuk ke paru-paru

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan dimana tingkat polusi udara cukup tinggi, disarankan untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari terhirupnya udara yang telah terkontaminasi zat-zat beracun yang dapat menyebabkan kanker paru-paru. Polusi udara yang terjadi karena asap kendaraan dan juga asap dari pabrik industri dapat merusak paru-paru jika terhirup secara langsung dan terus menerus. Oleh karena itu, cara mencegah kanker paru-paru yang efektif bagi anda yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara tinggi adalah dengan menggunakan masker yang dapat menyaring udara yang anda hirup. Namun perlu anda ingat, bahwa penggunaan masker tidak akan 100% bisa membuat udara yang anda hirup bebas dari zat beracun, akan tetapi pencegahan kanker paru-paru dengan cara ini dapat menurunkan resiko anda terserang penyakit mematikan ini.

menggunakan masker untuk menghindari udara kotor dan beracun karena polusi adalah cara mencegah kanker paru-paru yang perlu dilakukan

menggunakan masker untuk menghindari udara kotor dan beracun karena polusi adalah cara mencegah kanker paru-paru yang perlu dilakukan

  • Hindari beraktifitas di lingkungan yang memiliki tingkat radiasi tinggi

Tingkat radiasi yang tinggi dapat memicu terjadinya pertumbuhan sel yang tidak normal pada organ paru-paru, yang akan menjadi sel kanker. Salah satu yang perlu anda hindari adalah radiasi gas radon yang merupakan jenis radioaktif dan dapat merusak organ tubuh termasuk paru-paru. Gas radon berasal dari batuan dan tanah dalam jumlah yang sangat kecil. Gas radon ini bisa berpindah tempat melalui tanah. Gas ini akan masuk ke dalam rumah melalui celah-celah pondasi, pipa, saluran air atau lubang terbuka lainnya. Gas ini bisa diuji dengan alat pengujian sederhana, karena gas radon bersifat tidak kasat mata dan tidak berbau. Cara mencegah kanker paru-paru bisa anda lakukan dengan melakukan pengukuran tingkat radiasi gas radon di rumah anda, dan jika ternyata tingkat radiasi gas radon diatas normal, maka anda perlu untuk melakukan renovasi rumah (merubah bentuk dan tata letak) yang dapat mengurangi tingkat radiasi gas radon tersebut.

pencegahan kanker paru-paru dengan menghindari radiasi gas radon penyebab kanker paru-paru di rumah dan lingkungan sekitar

pencegahan kanker paru-paru dengan menghindari radiasi gas radon penyebab kanker paru-paru di rumah dan lingkungan sekitar

  • Pilihan menu makanan yang sehat

Cara mencegah kanker paru-paru yang selanjutnya adalah dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. Mencukupi asupan gizi dan vitamin bagi tubuh dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anda tetap prima. Biasakanlah untuk mengonsumsi makanan rendah lemak dan tinggi akan kandungan serat. Buah dan sayuran sebaiknya menjadi menu utama sehari-hari. Hindari mengonsumsi terlalu banyak vitamin dalam bentuk pil atau tablet karena obat-obatan semacam itu bisa memiliki efek samping.

menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi menu makanan sehat dapat membantu mencegah kanker paru-paru

menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi menu makanan sehat dapat membantu mencegah kanker paru-paru

  • Olahraga secara teratur

Olahraga adalah cara paling ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh dan menghindarkan diri dari berbagai jenis penyakit. Berolahraga secara rutin juga merupakan cara pencegahan kanker paru-paru yang disarankan, khususnya bagi anda yang sudah berusia lanjut yang rentan akan penyakit ini. Lakukanlah olahraga fisik secara rutin dan teratur setidaknya 2-3 jam dalam seminggu. Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat, namun cukup dengan beberapa gerakan fisik yang ringan, namun dapat menggerakan seluruh bagian tubuh anda.

olahraga secara teratur dapat menurunkan resiko terserang penyakit kanker paru-paru pada usia lanjut

olahraga secara teratur dapat menurunkan resiko terserang penyakit kanker paru-paru pada usia lanjut

Itulah tadi beberapa cara mencegah kanker paru-paru sejak dini yang bisa anda coba terapkan mulai dari sekarang. Pencegahan kanker paru-paru akan dapat berjalan dengan baik jika anda menyadari akan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh jenis penyakit kanker ini. Marilah kita memulai gaya hidup mulai dari sekarang dengan berhenti merokok, serta rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat bernutrisi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua yang membacanya, dan jangan lupa untuk membagikan artikel  kesehatan tentang cara mencegah kanker paru-paru ini kepada orang-orang yang anda kasihi.

Loading...