Cara Memilih Telur Yang Baik dan Segar Untuk Kesehatan Tubuh

Cara Memilih Telur Yang Baik dan Segar Untuk Kesehatan Tubuh. Telur merupakan salah satu sumber makanan sehat yang banyak digemari masyarakat dan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan dalam kuning telur yakni  90% kalsium, mineral dan zat besi. Sedangkan putih telur mengandung 6 gram protein dan 9 asam amino esensial. Karena itu, ketika kita membeli telur kita harus cermat dalam memilihnya agar mendapatkan telur yang baik dan segar.

telur yang baik dan segar

telur yang baik dan segar

Berikut ini beberapa langkah memilih telur yang baik dan segar untuk dikonsumsi:

  • Periksa bentuk dan cangkang atau kulit telur

Pilih bentuk telur yang bulat dan cangkang atau kulit telur yang baik dan tidak retak, tentunya menjamin bagian  yang ada di dalam tetap terlindung. Selain itu pastikan cangkang telur bersih atau tidak ada kotoran yang menempel, karena kotoran yang menempel dapat meningkatkan jumlah bakteri salmonella penyebab keracunan makanan. Namun apabila terdapat kotoran cukup dilap dengan kain bersih, jangan di sikat, Karena dicangkang tersebut terdapat lapisan tipis yang berfungsi untuk mempertahankan isi telur. Periksa juga warna cangkang atau kulit telur, karna warna cangkang atau kulit yang lebih tua itu lebih tebal dan lebih baik apabila disimpan lama.

cangkang telur yang bersih dan tidak retak

cangkang telur yang bersih dan tidak retak

  • Guncangkan / Kocok telur

Telur yang masih baik atau baru biasanya ketika kita goncangkan atau kocok tidak akan berbunyi, hal ini disebabkan antara putih dan kuning telur masih kental atau “mengikat”. Putih telur yang sudah encer atau tidak “mengikat” kuning telur akan menyebabkan bunyi.

  •  Tidak berbau

Telur yang baik tidak mengeluarkan bau tidak sedap yang dapat tercium dari luarnya. Jika anda menemukan telur yang sudah mulai berbau, hindari untuk mengkonsumsinya, lebih baik langsung dibuang karena sudah tidak layak untuk dimakan.

  •  Rendam dalam air

Telur yang baik akan tenggelam apabila direndam dalam air. Namun apabila sebagian telur melayang hal ini menunjukkan telur sudah agak lama, disebabkan terdapat rongga udara didalamnya. Hidari mengkonsumsi telur yang mengambang saat direndam, karena telur tersebut sudah rusak dan dapat mengganggu kesehatan tubuh anda.

telur yang baik akan tenggelam jika direndam dalam air

telur yang baik akan tenggelam jika direndam dalam air

  • Perhatikan ketika menyimpan telur

Jika ingin menyimpan telur di dalam kulkas, letakkan bagian lancip atau lonjong di atas dan bagian tumpul atau bulat di bawah dan jangn terbalik. Lama penyimpan telur dalam kulkas maksimal 2 minggu dan 1 minggu di suhu ruangan.

  • Memecahkan telur

Pecahkan telur dalam piring dan amati, apabila putih telur masih kental berarti telur masih baru. Telur yang usianya 1 minggu, bagian putihnya lebih melebar dan makin lama usia telur maka putih telur akan makin encer dan telur sudah tidak layak dikonsumsi karna telur sudah menjadi basa. Terkadang kita menemui warna kuning telur yang orange atau kuning pucat namun hal tersebut tidak mempengaruhi kualitas telur. Hal ini disebabkan faktor modifikasi pakan yang diberikan oleh pihak peternak, karna melihat daya beli konsumen yang lebih tertarik dangan telur yang warna kuningnya orange.

putih telur yang kental menunjukan telur masih baru dan segar

putih telur yang kental menunjukan telur masih baru dan segar

Itulah tadi beberapa tips kesehatan tentang cara memilih telur yang baik dan segar untuk mendapatkan telur yang berkualitas, dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi untuk anda semua sebelum membeli telur untuk dikonsumsi sebagai salah satu menu 4 sehat 5 sempurna.

Loading...