Cara Alami Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil

Cara Alami Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil. Masalah keputihan tidak hanya terjadi pada wanita dalam kondisi normal, namun juga bisa terjadi pada ibu hamil dalam masa kehamilan. Seperti kita ketahui bersama, bahwa selama masa kehamilan kondisi kesehatan ibu hamil harus selalu terjaga dengan baik. Terganggunya kesehatan ibu hamil juga akan mempengaruhi kesehatan janin yang sedang dikandung. Salah satu jenis keputihan adalah keputihan patologis atau sering disebut juga sebagai keputihan tidak normal. Jika ibu hamil mengalami keputihan patologis ini, maka dapat mengancam kesehatan ibu dan bayi yang dikandung. Bahkan resiko terburuk akibat dari keputihan pada ibu hamil adalah bayi lahir prematur. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara alami mengatasi keputihan pada ibu hamil agar dapat menghindari akibat buruk dari masalah kewanitaan ini.

cara alami mengatasi keputihan pada ibu hamil secara cepat dan tepat

cara alami mengatasi keputihan pada ibu hamil secara cepat dan tepat

Resiko dan bahaya keputihan saat hamil

Pada jenis keputihan normal (fisiologis) tidak ada dampak negatif yang dapat mengancam kesehatan, sebaliknya pada jenis keputihan tidak normal (patologis) memiliki resiko dan bahaya yang perlu untuk dihindari, khususnya pada ibu hamil. Ciri keputihan tidak normal adalah munculnya rasa gatal pada kemaluan, dan juga bau tidak sedap pada cairan keputihan yang keluar. Selain itu juga akan menyebabkan rasa panas dan nyeri pada kemaluan wanita, termasuk rasa nyeri saat buang air kecil. Kondisi ini jika dibiarkan secara terus-terusan dapat menyebabkan infeksi parah pada organ kewanitaan. Khusus pada ibu hamil dalam masa kehamilan, infeksi yang terjadi karena keputihan ini dapat menular pada janin yang masih dalam kandungan.

resiko dan bahaya keputihan saat hamil dapat menyebabkan infeksi, pendarahan, dan bayi lahir prematur

resiko dan bahaya keputihan saat hamil dapat menyebabkan infeksi, pendarahan, dan bayi lahir prematur

Terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan kuman pada organ kewanitaan ibu hamil dan juga pada janin yang dikandung jelas memiliki resiko dan bahaya yang mengancam. Jika keputihan tidak normal ini berlangsung cukup lama selama masa kehamilan, maka dapat menyebabkan bayi yang dikandung lahir prematur. Selain itu, ketika proses persalinan juga dapat menyebabkan pendarahan pada ibu dan juga terganggunya kesehatan bayi yang baru dilahirkan. Mengingat resiko dan bahaya keputihan pada ibu hamil tersebut, disarankan untuk mengambil langkah dan cara mengatasi keputihan pada ibu hamil dengan cepat dan tepat.

Cara efektif mengatasi keputihan saat hamil

Selama masa kehamilan jika anda menemukan adanya tanda dan ciri keputihan tidak normal, segeralah untuk memeriksakan diri kedokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat. Selain itu, anda juga bisa mencoba menerapkan cara alami mengatasi keputihan pada ibu hamil seperti berikut ini :

  • Selalu jaga kebersihan organ kewanitaan anda selama masa kehamilan. Hindari menggunakan air kotor atau air dalam penampungan untuk membersihkan organ kewanitaan anda. Disarankan untuk menggunakan air mengalir (kran) untuk membersihkan organ intim anda.

    menjaga kebersihan organ kewanitaan dalam masa kehamilan dapat membantu mengatasi keputihan saat hamil

    menjaga kebersihan organ kewanitaan dalam masa kehamilan dapat membantu mengatasi keputihan saat hamil

  • Gunakan pakaian dalam yang berbahan dasar katun dan dapat menyerap keringat. Hal ini perlu agar sirkulasi udara di daerah kewanitaan anda terjaga dengan baik, dan tidak menyebabkan organ kewanitaan anda menjadi lembab.
  • Selama masa kehamilan jangan menggunakan panty liner karena dapat membuat kelembaban daerah kewanitaan anda meningkat dan melebihi batas normal.
  • Gantilah pakaian dalam yang anda pakai secara rutin, khsusnya ketika anda merasa bahwa pakaian dalam yang anda pakai sudah lembab. Gantilah dengan pakaian dalam yang kering dan bersih.
  • Gunakan cara yang benar saat membersihkan organ kewanitaan anda. Cucilah organ kewanitaan anda dengan gerakan dari bagian depan ke belakang untuk menghindari menyebarnya kuman dan bakteri dari anus.
  • Setiap selesai dari kamar mandi, baik itu setelah mandi maupun buang air, selalu keringkan organ kewanitaan anda dengan handuk bersih dan lembut. Jangan gunakan tisu yang memiliki aroma untuk mengeringkan bagian kewanitaan anda.
  • Jangan menggunakan sabun pembersih untuk organ intim anda. Jenis sabun ini dapat membunuh bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya pada bagian kewanitaan anda.

    menjaga kelembaban organ kewanitaan, menggunakan pakaian dalam katun, mengeringkan organ intim, adalah cara mengatasi keputihan saat hamil dengan tepat

    menjaga kelembaban organ kewanitaan, menggunakan pakaian dalam katun, mengeringkan organ intim, adalah cara mengatasi keputihan saat hamil dengan tepat

Itulah tadi tips kesehatan tentang cara alami mengatasi keputihan pada ibu hamil yang perlu anda ketahui. Selama masa kehamilan, ibu hamil harus selalu menjaga kondisi tubuh dan kesehatan, termasuk kondisi kesehatan organ kewanitaan. Mengatasi keputihan saat hamil perlu dilakukan untuk menghindari dampak dan akibat buruk yang dapat membahayakan ibu hamil dan juga janin yang dikandung. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa bagikan artikel tentang cara alami mengatasi keputihan pada ibu hamil ini kepada siapapun yang membutuhkannya.

Loading...