Cara Alami Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Cara alami mencegah penyakit jantung koroner. Apakah anda pernah mendengar istilah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati? Inilah realita yang ada, dimana mencegah akan jauh lebih baik daripada harus mengobati. Hal ini juga berlaku untuk anda yang sedang mencari informasi mengenai penyakit jantung koroner. Kesehatan itu tidak ternilai harganya, oleh karena itu, sudah merupakan sebuah kewajiban bagi kita untuk selalu menjaga kondisi kesehatan, dan terhindar dari segala jenis penyakit. Dalam artikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai cara alami mencegah penyakit jantung koroner yang bisa anda terapkan, sehingga meminimalisir resiko anda terkena penyakit jantung koroner.

cara alami mencegah penyakit jantung koroner

cara alami mencegah penyakit jantung koroner

Adakah cara alami yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung koroner? Tentu saja ada. Dan tentu saja cara alami mencegah penyakit jantung koroner jauh lebih baik dan lebih efektif dari cara pencegahan yang tidak alami. Berikut ini adalah daftar cara pencegahan penyakit jantung koroner yang sudah saya kumpulkan dari beberapa sumber.

Tips dan cara alami mencegah penyakit jantung koroner.

1. Perbaiki pola makan anda. Makan makanan yang sehat.

mencegah penyakit jantung koroner dengan makanan sehat

mencegah penyakit jantung koroner dengan makanan sehat

Tahukah anda, bahwa pola makan yang tidak sehat merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung koroner? Oleh karena itu, mulailah untuk memperbaiki pola makan anda dari sekarang, makanlah makanan yang sehat dan alami. Untuk dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner dan serangan jantung, hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang biasa terkandung pada daging merah, lemak babi, sosis, keju, mentega, dan makanan yang mengandung santan kelapa, karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Anda disarankan untuk mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian merupakan bahan makanan alami yang dapat anda konsumsi untuk mencegah penyakit jantung koroner sejak dini. Dengan mengkonsumsi makanan alami yang banyak mengandung serat, maka dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Pola makan yang sehat juga termasuk dengan mengurangi konsumsi garam dan gula. Dengan mengurangi konsumsi garam, maka dapat mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi, sedangkan dengan mengurangi konsumsi gula, anda dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan menyebabkan terjadinya serangan jantung.

2. Menjaga kondisi tubuh. Berolahragalah secara teratur.

menurunkan resiko penyakit jantung koroner dengan olahraga rutin

menurunkan resiko penyakit jantung koroner dengan olahraga rutin

Cara alami mencegah penyakit jantung koroner yang paling jitu adalah dengan menjaga kondisi tubuh untuk selalu sehat dan bugar. Jika kondisi tubuh anda selalu bugar, maka anda tidak akan mudah terserang penyakit. Mualilah untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Anda tidak harus melakukan olah raga yang berat, cukup dengan berlari-lari ringan selama minimal 30 menit setiap harinya. Dengan melakukan olah raga secara rutin, maka kondisi tubuh anda akan selalu terjaga dan akan tetap bugar, sehingga resiko terjadinya penyakit jantung koroner akan semakin kecil.

3. Anda perokok aktif? Berhentilah merokok sekarang.

berhenti merokok untuk mencegah penyakit jantung koroner

berhenti merokok untuk mencegah penyakit jantung koroner

Perokok aktif memiliki tingkat resiko jantung koroner yang sangat tinggi. Merokok dapat menyebabkan terjadinya pengerasan pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner pada orang dengan usia dibawah 50 tahun. Merokok dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung secara tiba-tiba. Bagi anda perokok aktif, mulailah untuk mencoba berhenti merokok demi menjaga kesehatan jantung anda. Dengan berhenti merokok, maka anda sudah melakukan upaya pencegahan penyakit jantung koroner. Berhenti merokok memang bukan hal yang mudah, apalagi bagi mereka yang sudah menjadi perokok aktif selama bertahun-tahun, namun juga bukan hal yang mustahil, karena sudah banyak orang yang berhasil berhenti merokok, dan hidup sehat tanpa asap rokok.

4. Menjaga tekanan darah dan kadar gula dalam tubuh.

Jika anda termasuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, segeralah melakukan upaya pengobatan untuk menurunkan tekanan darah anda. Anda juga harus menjaga tekanan darah anda untuk selalu berada pada batas normal yaitu dibawah 140 / 85mmHg.

5. Hindari kegemukan. Jagalah berat badan ideal anda.

cegah penyakit jantung koroner dengan menjaga berat badan ideal

cegah penyakit jantung koroner dengan menjaga berat badan ideal

Seperti kita tahu, kegemukan (obesitas) merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit jantung koroner. Jika anda ingin mencegah penyakit jantung koroner secara alami, maka anda perlu untuk menjaga berat badan anda tetap ideal. Cara yang paling sederhana untuk menjaga berat badan anda tetap ideal adalah dengan mengatur pola makan, dan juga meningkatkan frekuensi olahraga anda, sehingga badan anda terus aktif bergerak.

Itulah tadi beberapa cara alami mencegah penyakit jantung koroner yang dapat anda coba terapkan sehari-hari. Dengan melakukan upaya pencegahan penyakit jantung koroner secara alami, maka anda sudah satu langkah untuk terhindar dari penyakit yang sangat mematikan ini. Jika anda merasa artikel mengenai Cara Alami Mencegah Penyakit Jantung Koroner ini bermanfaat, jangan lupa membagikan kepada saudara dan rekan-rekan anda.

Loading...