Batu Ginjal – Pengertian Penyebab dan Gejala

Batu Ginjal – Pengertian Penyebab dan Gejala. Salah satu jenis penyakit yang paling banyak di derita oleh masyarakat adalah penyakit batu ginjal. Seperti namanya, penyakit ini memang menyerang organ vital manusia yaitu ginjal. Pada artikel kesehatan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai penyakit batu ginjal, meliputi definisi dan pengertian batu ginjal, faktor penyebab penyakit batu ginjal, serta tanda dan gejala batu ginjal yang paling umum terjadi. Simak ulasan lengkap mengenai penyakit batu ginjal berikut ini.

Definisi dan Pengertian Batu Ginjal

definisi dan pengertian batu ginjal

definisi dan pengertian batu ginjal

Definisi dan pengertian batu ginjal. Batu ginjal sendiri sudah dikenal sejak zaman Babilonia dan Mesir kuno dengan ditemukannya batu di kantung kemih mummi. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang penyakit batu ginjal, maka kita harus memahami definisi dan pengertian penyakit batu ginjal. Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah, sistem ekskresi atau pembuangan dan pembuat urin. Urin ini keluar dari ginjal melalui saluran ureter sampai ke kantung kemih. Dalam dunia kedokteran batu ginjal disebut juga nephrolithiasis. Batu ginjal merupakan suatu kondisi terbentuknya material keras dari zat – zat limbah darah yang terkristalisasi  dan mengendap menyerupai batu. Awalnya sangat kecil, lebih kecil dari pasir, namun perlahan membesar. Batu ini mungkin terbentuk di ginjal kemudian turun ke saluran kemih bagian bawah atau memang terbentuk di saluran kemih bagian bawah karena adanya stasisurine seperti pada batu buli-buli karena hiperplasia prostat atau batu uretra yang terbentuk di dalam divertikel uretra. Sehingga ada terminologi lain dalam membahas batu ginjal, yaitu Urolithiasis atau batu pada saluran kencing, Vesicolithiasis adalah batu pada bladder (Kantung kemih) dan Ureterolithiasis yang artinya batu pada ureter. Itulah tadi definisi dan pengertian batu ginjal, semoga kita menjadi lebih memahami pengertian dari batu ginjal.

Faktor Penyebab Batu Ginjal

faktor penyebab batu ginjal

faktor penyebab batu ginjal

Faktor penyebab batu ginjal. Penyakit batu ginjal ini adalah penyakit yang sering terjadi, namun ternyata penyakit batu ginjal ini lebih banyak terjadi pada kaum pria dibandingkan dengan wanita. Berdasarkan penelitian, pria lebih beresiko terserang penyakit batu ginjal dibandingkan dengan wanita. Di Indonesia sendiri dalam setahun di temukan 300.000 kasus penyakit ini dengan penyebab yang bervariasi. Mari kita bahas bersama beberapa faktor penyebab batu ginjal yang paling sering ditemukan :

  1. Diketahui sebelumnya memiliki riwayat penyakit asam urat

Kadar asam urat yang tinggi dalam urine juga dapat menyebabkan batu ginjal asam urat. Karna itu anda perlu waspada apabila sudah diketahui memiliki riwayat penyakit asam urat.

  1. Kurang Cairan Tubuh

Tanpa kita sadari ketika aktivitas padat kita sering lupa untuk mengkonsumsi air mineral sebagai pemenuh cairan dalam tubuh. Cairan ini yang berfungsi melunturkan berbagai racun di dalam tubuh yang dibuang lewat urine dan keringat. Akibatnya sistem metabolisme tubuh tidak berjalan maksimal dan urine mengkristal yang perlahan menjadi batu.

  1. Kadar Kalsium yang tinggi dan berkurangnya kadar sitrat

Hal ini disebabkan banyaknya kalsium yang diserap tubuh dari sumber makanan kita yang kemudian masuk ke dalam urine dan membentuk batu – batu kalsium oksalat atau kalsium fosfat. Selain itu berkurangnya kadar sitrat yaitu suatu zat yang dapat menghambat pembentukan batu kalsium juga sangat berpengaruh. Bayam, buncis, kacang tanah, buah anggur, kedelai dan produknya, gandum dan teh hitam adalah beberapa makanan yang mengandung oksalat.

  1. Efek samping dari konsumsi obat – obatan kimia yang terus menerus

Beberapa obat kimia yang dikonsumsi secara terus menerus dapat meningkatkan resiko batu ginjal yakni diuretics, antacid yang mengandung kalsium dan protease inhibitor Crixivan (Indinavir) serta obat yang digunakan untuk merawat infeksi HIV.

Semoga setelah mengetahui faktor penyebab batu ginjal kita menjadi lebih menjaga kerja ginjal kita agar tidak bekerja terlalu berat dan mengontrol asupan gizi dari makanan yang seimbang.

Ciri, Tanda dan Gejala Batu Ginjal

ciri tanda dan gejala batu ginjal secara umum

ciri tanda dan gejala batu ginjal secara umum

Ciri, tanda dan gejala batu ginjal. Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa sakit pinggang adalah gejala dari penyakit batu ginjal. Namun hal tersebut masih perlu dipastikan kembali. Apabila batu Ginjal masih kecil maka gejalanya masih belum terasa. Tanda dan gejala batu ginjal biasanya mulai terasa ketika ukuran batu ginjal telah besar, sehingga menghalangi jalannya urine. Berikut ini beberapa ciri tanda dan gejala batu ginjal yang sering timbul  :

  1. Nyeri pada punggung

Nyeri yang dirasakan ditandai dengan sakit yang hilang timbul di sekitar tulang rusuk dan pinggang dan menjalar ke bagian perut dan daerah paha sebelah dalam.

  1. Nyeri ketika buang air

Hal ini disebabkan batu terdorong ke luar ginjal dan melewati ureter, karena ukuran batu ginjal yang melebihi saluran ureter atau saluran kemih, maka akan terjadi gesekan yang menyebabkan luka dan akan terasa nyeri ketika buang air sehingga urine berwarna keruh atau bahkan berdarah yang disertai dengan batu ginjal.

  1. Adanya rasa mual, muntah dan demam

Pada kasus berat, dijumpai rasa mual & mutah serta demam, hai ini terjadi akibat infeksi dari gesekan batu ginjal yang turun.

Itulah tadi beberapa ciri tanda dan gejala batu ginjal yang sering terjadi. Namun untuk lebih memastikannya kita perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan fisik, urine, darah dan rontgen atau USG Ginjal yang dikenal dengan sonografi ginjal.

Semoga setelah kita mengetahui definisi dan pengertian batu ginjal, faktor penyebab batu ginjal, serta tanda dan gejala batu ginjal, kita menjadi lebih peduli akan kesehatan tubuh terutama organ ginjal. Semoga artikel kesehatan tentang Batu Ginjal – Pengertian Penyebab dan Gejala ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Loading...