Apa Sih Penyebab Jerawat Batu?

Apa sih penyebab jerawat batu? Apakah anda yang saat ini sedang membaca artkel ini pernah atau sedang mengalami masalah jerawat batu? Pasti anda akan sangat kesal karena jerawat batu ini membuat penampilan anda menjadi tidak maksimal, dan juga membuat rasa percaya diri anda berkurang. Jika pada artikel sebelumnya yang berjudul ” Mengenal Jenis-Jenis Jerawat dan Cara Menanganinya ” sudah disinggung salah satu jenis jerawat adalah jerawat batu, yang ternyata merupakan salah satu jenis jerawat yang cukup parah, dan tentu saja memerlukan cara penanganan dan pengobatan yang khusus. Tapi sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab jerawat batu? Artikel kali ini akan mencoba untuk menjelaskan mengenai penyabab jerawat batu, yang tentu saja akan bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami/menderita jerawat batu pada kulit anda.

Secara umum ada beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat batu, berikut ini adalah beberapa faktor utama penyebab munculnya jerawat batu yang sudah kami kumpulkan dari beberapa sumber :

faktor penyebab jerawat batu

faktor penyebab jerawat batu dan cara mengobatinya

Faktor Penyebab Jerawat Batu

Faktor Genetik

Faktor penyebab jerawat batu yang pertama adalah adanya faktor genetik/faktor keturunan. Seperti pada beberapa jenis penyakit lainya, yang juga disebabkan oleh adanya faktor genetik/faktor keturunan, ternyata jerawat batu juga bisa disebabkan jika ada riwayat terjadinya jerawat batu pada silsilah keluarga kita. Oleh karena itu, jika anda sedang mengalami jerawat batu, anda bisa mencoba untuk menanyakan kepada saudara, maupun kepada orang tua, apakah diantara mereka ada yang pernah mengalami masalah yang sama dengan anda, yaitu menderita jerawat batu. Jika ternyata memang ada salah satu dari keluarga anda yang pernah mengalami jerawat batu, berarti memang penyebab jerawat batu yang sedang anda alami sekarang disebabkan oleh faktor genetik/faktor keturunan.

Disebabkan Oleh Bakteri

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa iritasi yang terjadi pada  kulit kita, yang kemudian menjadi jerawat, secara umum disebabkan karena adanya bakteri yang merusak, yang biasanya bercampur dengan kotoran yang menempel pada kulit kita. Bakteri ini biasanya akan cepat berkembang pada bagian kelenjar sebaceous yang tersumbat, dan kondisi seperti ini akan dapat menghasilkan zat-zat yang kemudian membuat kulit mengalami iritasi. Jika dibiarkan, maka kelenjar tersebut akan terus membengkak bahkan dapat pecah, dan kemudian menyebarkan peradangan pada bagian permukaan kulit lainnya.

Adanya Sel Kulit Mati

Meningkatnya jumlah sel kulit mati juga menjadi penyebab utama jerawat batu. Jika sel kulit mati kemudian bercampur dengan kotoran ( debu, bakteri, dan minyak ) maka secara pasti dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit anda, yang menjadi penyebab munculnya jerawat batu.

faktor utama penyebab jerawat batu

faktor utama penyebab jerawat batu dan cara pengobatannya

Disebabkan Oleh Alergi

Apakah anda memiliki riwayat alergi terhadap suatu hal? misalkan alergi terhadap makanan? Jika iya, mungkin saja jerawat batu yang anda alami disebabkan oleh faktor alergi tersebut. Jika ternyata benar bahwa penyebab jerawat batu diwajah anda karena masalah alergi, maka solusi utamanya adalah dengan menghindari makanan/faktor penyebab alergi tersebut. Jika anda belum mengetahui secara pasti mengenai masalah alergi yang anda hadapi, anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Terpapar Sinar Ultra Violet ( UV ) Secara Langsung

Jika anda sering beraktifitas di luar ruangan, tentus aja anda akan secara langsung terpapar oleh sinar ultra violet yang terkandung dalam sinar matahari. Jika anda terpapar sinar UV secara langsung, dan dalam waktu yang cukup lama, maka dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan jaringan kulit anda, yang kemudian dapat menjadi penyebab jerawat batu.
Jenis Kulit Berminyak
Jika anda memiliki kulit yang berminyak, maka anda berpotensi lebih besar untuk dapat mengalami masalah jerawat batu. Tingginya produksi minyak pada kulit, dan juga dibarengi dengan bercampurnya minyak dengan kotoran, maka dapat secara langsung memicu munculnya jerawat batu.
Itulah tadi beberapa faktor penyebab jerawat batu, yang tentu saja harus anda waspadai. Lebih baik mencegah jerawat muncul, daripada harus mengobati jerawat. Dan jika anda mulai melakukan proses pengobatan jerawat batu, usahakan untuk menggunakan cara pengobatan jerawat secara alami, supaya tidak menyebabkan efek samping. Semoga artikel mengenai faktor penyebab jerawat batu ini bermanfaat untuk anda.

Loading...