7 Tips Agar Tidur Lebih Bekualitas

7 Tips Agar Tidur Lebih Bekualitas. Tidur merupakan suatu kebutuhan bagi semua orang tanpa terkecuali. Ya, pada dasarnya semua manusia membutuhkan waktu istirahat supaya badan kembali bugar dan siap menjalani aktivitas baru. Meski semua orang selalu tidur setiap harinya, namun masih banyak diantara mereka yang belum mencukupi kebutuhan tidur, sehingga tidur yang dilakukan kurang berkualitas. Dampaknya tentu saja sangat buruk, karena akan berpengaruh pada kesehatan tubuh dan jalannya aktivitas sehari-hari. Apakah tidur anda sudah berkualitas? Jika belum, sebaiknya simaklah ulasan kami tentang Tips Agar Tidur Lebih Bekualitas. Tips ini tentu saja diambil berdasarkan pernyataan para ahli, sehingga anda tidak perlu meragukan keabsahannya. Selengkapnya di bawah ini.

tips untuk memiliki pola tidur yang baik dan sehat

tips untuk memiliki pola tidur yang baik dan sehat

7 Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas

  • Olahraga Pagi

Jika dilihat sekilas, olahraga pagi tampak tidak memiliki kaitan dengan kualitas tidur. Padahal, penelitian menunjukkan bahwa orang yang rajin berolahraga di pagi hari memiliki kualitas tidur yang lebih baik dibanding orang yang jarang berolahraga. Intinya, jika anda ingin memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, maka perbanyaklah olahraga di pagi hari minimal 30 menit. Olahraga yang dilakukan tidak harus selalu olahraga berat, karena anda pun bisa melakukan olahraga ringan seperti berlari kecil, keliling komplek, atau naik turun tangga.

olahraga pagi membuat pola tidur lebih berkualitas

olahraga pagi membuat pola tidur lebih berkualitas

  • Makan Malam Ringan

Saat menjelang tidur, sebaiknya hindari makan dalam porsi yang besar. Sebaliknya, usahakanlah untuk makan malam dalam porsi yang ringan supaya anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

  • Buatlah Jadwal Rutin

Untuk mendapat tidur yang berkualitas, anda harus membuat jadwal rutin. Usahakan untuk tidur di jam yang sama setiap malam supaya pola tidur lebih baik.

  • Matikan Lampu

Banyak orang yang menyalakan lampu saat sedang tidur. Padahal, menyalakan lampu akan memberi dampak buruk pada kualitas tidur. Maka dari itu anda harus memastikan bahwa lampu kamar sudah dalam keadaan mati ketika anda tidur, supaya anda mendapat kualias tidur yang baik.

mematikan lampu saat tidur membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas

mematikan lampu saat tidur membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas

  • Hindari Ponsel

Ponsel memang memiliki fungsi yang sangat penting dalam keseharian, namun ponsel harus dihindari saat waktu menjelang tidur. Cahaya yang ditimbulkan dari ponsel akan mengalihkan konsentrasi anda sehingga pada akhirnya akan sulit tidur.

  • Matikan Komputer

Sama halnya dengan ponsel, komputer akan mengalihkan konsentrasi sehingga seseorang akan sulit tidur. Jika anda terus menerus menggunakan komputer di malam hari, maka kemungkinan besar anda akan menghabiskan waktu untuk begadang. Hal tersebut tentu akan memperpendek waktu tidur anda sehingga tidur yang anda lakukan tersebut kurang berkualitas.

matikan handphone dan komputer saat tidur supaya tidur menjadi lebih berkualitas

matikan handphone dan komputer saat tidur supaya tidur menjadi lebih berkualitas

  • Kenali Kebiasaan Tidur Anda

Masing-masing orang memiliki kebiasaan berbeda saat tidur. Misalnya saja, ada orang yang tidak bisa tidur jika tidak menggunakan guling atau boneka. Anda harus mengenali kebiasaan tidur anda supaya bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Itulah beberapa Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas. Cara di atas direkomendasikan langsung oleh para ahli ternama, dan sudah dibuktikan langsung oleh banyak orang. Kini saatnya anda mengikuti jejak yang sama dengan menerapkan beberapa langkah di atas secara serius. Jangan sampai kondisi kesehatan tubuh anda menurun hanya karena tidak menerapkan pola tidur yang baik. Kesehatan adalah hal berharga yang harus anda jaga dengan baik, supaya anda memiliki tubuh yang selalu sehat dan memiliki masa tua yang sehat pula. Terima kasih sudah menyimak ulasan singkat kami tentang Tips Agar Tidur Lebih Berkualitas, semoga bermanfaat.

Loading...