4 Faktor Penyebab Penyakit Malaria Yang Harus Dihindari

4 Faktor Penyebab Penyakit Malaria Yang Harus Dihindari. Terdapat beberapa faktor penyebab penyakit malaria yang harus kita ketahui dan harus kita waspadai. Faktor-faktor penyebab penyakit malaria ini timbul dari beberapa hal dan secara garis besar terbagi menjadi 4. Yaitu faktor manusia, faktor nyamuk, faktor lingkungan dan juga faktor parasit. Keempat faktor ini sangat mempengaruhi munculnya nyamuk yang menjadi penyebab utama penyakit malaria ini. Anda harus menyimak dengan baik dan sebisa mungkin anda harus bisa mengubah dan menghindari faktor-faktor dibawah ini.

Faktor pemicu dan penyebab penyakit malaria

Faktor manusia

Faktor yang menyebabkan penyakit malaria yang pertama adalah faktor manusia. Dan faktor ini juga terbagi menjadi dua yaitu faktor karakteristik manusia dan faktor perilaku manusia. Faktor karakteristik misalnya adalah umur (anak-anak lebih rentan), jenis kelamin (ibu hamil), ras, sistem imunitas dan juga status gizi. Sedangkan untuk faktor perilaku manusia contohnya adalah tingkat kesadaran akan penyakit malaria atau kebiasaan untuk keluar rumah di malam hari akan meningkatkan kemungkinan anda digigit nyamuk anopheles, dimana malam hari biasanya nyamuk-nyamuk berkeliaran.

perilaku manusia dan lingkungan tidak sehat menjadi penyebab penyakit malaria

perilaku manusia dan lingkungan tidak sehat menjadi penyebab penyakit malaria

Faktor nyamuk

Faktor penyebab penyakit malaria yang kedua yaitu faktor nyamuk. Nyamuk anopheles ini jarang hidup di dataran tinggi yang ketinggiannya lebih dari 2000 hingga 2500 m dari permukaan laut. Dan nyamuk anopheles ini hidup terutama di daerah tropis dan sub tropis. Tetapi ternyata nyamuk ini juga bisa hidup di daerah yang beriklim sedang dan bahkan di arktik. Dan efektifitas vector dalam menularkan virus dipengaruhi oleh hal seperti kepadatan vector, frekuensi menghisap darah, lokasi menggigit, dan juga lamanya sporogoni. Sporogoni ini adalah berkembangnya parasit di dalam tubuh nyamuk sehingga menjadi infektif.

gigitan nyamuk anopheles adalah faktor penyebab utama penyakit malaria

gigitan nyamuk anopheles adalah faktor penyebab utama penyakit malaria

Faktor lingkungan

Untuk faktor penyebab malaria yang ketiga yaitu faktor lingkungan. Faktor lingkungan ini meliputi banyak hal. Antara lain adalah suhu udara, kelembaban udara, faktor angin, ketinggian, hujan, sinar matahari dan juga arus angin. Hal-hal tersebut sangat berpengaruh pada masa inkubasi dan juga masa hidup dan ketahanan nyamuk. Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan juga sehat untuk dapat terhindar dari nyamuk anopheles yang menyebabkan penyakit malaria.

lingkungan yang lembab dan kotor menjadi tempat hidup nyamuk anopheles yang menjadi penyebab penyakit malaria

lingkungan yang lembab dan kotor menjadi tempat hidup nyamuk anopheles yang menjadi penyebab penyakit malaria

Faktor parasit

Parasit ini akan ada di dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama dan akan menghasilkan gametosit jantan dan juga betina pada waktu yang tepat untuk penularan. Parasit ini juga harus menyesuaikan diri dengan sifat dari spesies vector anopheles supaya sporogoni memungkinkan untuk menghasilkan sporozoit yang bisa menginfeksi. Infeksi yang paling berat dan paling berbahaya adalah infeksi dari plasmodium falciparum dan yang tidak begitu bahaya adalah plasmodium vivax dan juga plasmodium oval. Dan inilah faktor penyebab penyakit malaria yang sudah sepatutnya anda hindari.

parasit plasmodium menjadi faktor penyebab penyakit malaria yang ditularkan oleh nyamuk anopheles

parasit plasmodium menjadi faktor penyebab penyakit malaria yang ditularkan oleh nyamuk anopheles

Itulah beberapa faktor utama penyebab penyakit malaria yang perlu anda waspadai. Dengan mengetahui apa saja faktor yang dapat menyebabkan penyakit malaria, maka diharapkan anda dapat melakukan pencegahan penyakit malaria sedini mungkin, untuk menghindari resiko yang lebih besar. Semoga informasi tentang faktor utama penyebab penyakit malaria ini dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada kerabat anda.

Loading...