10 Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung

10 Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung. Ada istilah mencegah lebih baik daripada mengobati, ini juga berlaku untuk menjaga kesehatan jantung anda, sehingga anda bisa mencegah penyakit jantung yang bisa menyerang siapa saja, dan dari segala golongan usia. Penyakit jantung memang tidak pandang bulu, penyakit ini bisa menyerang semua orang dari semua golongan usia dan status sosial, oleh karena itu diharapkan semua orang mengetahui mengenai cara mencegah penyakit jantung, sehingga tidak sampai terkena penyakit jantung. Mencegah terjadinya penyakit jantung tentu lebih mudah daripada mengobati penyakit jantung, selain lebih mudah tentu saja pencegahan penyakit jantung lebih murah dalam segi biaya dibandingkan dengan pengobatan penyakit jantung yang memakan banyak biaya, karena proses pengobatan penyakit jantung sangatlah mahal.

cara mencegah penyakit jantung

cara mencegah penyakit jantung

Kumpulan Cara Mencegah Penyakit Jantung yang Efektif

Berikut ini adalah 10 tips cara mencegah penyakit jantung yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anda dapat meminimalisir resiko terkena penyakit jantung.

1. Jika anda adalah seorang perokok, segeralah berhenti merokok. Kita semua tahu bahwa menghisap asap rokok sangatlah tidak baik untuk kesehatan jantung, oleh karena itu segera hentikan kebiasaan merokok ini untuk bisa mencegah penyakit jantung agar jantung tetap sehat.

2. Perbanyak konsumsi antioksidan. Setiap harinya secara sadar maupun tanpa disadari kita telah terkontaminasi oleh polusi udara, asap kendaraan bermotor atau asap rokok menyebabkanmunculnya radikal bebas di dalam tubuh kita. Radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan bisul atau endapan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyumbatan. Untuk dapat mengeluarkan kandungan radikal bebas dalam tubuh, perlu adanya antioksidan yang akan menangkap dan membuangnya. Kandungan antioksidan dapat anda peroleh dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran yang dapat anda konsumsi untuk mencegah penyakit jantung.

3. Berapa tekanan darah dalam tubuh anda? Kenalilah tekanan darah pada tubuh anda, dan upayakan supaya tekanan darah dalam tubuh anda mencapai angka 115/75. Tenakan darah anda mungkin bahkan lebih penting daripada kolesterol anda. Dan, anda bisa menurunkan tekanan ini sendiri. Cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan  olah raga teratur, dan kurangi lemak di perut. Kenapa? karena lemak diperut ini dapat menutupi organ-organ penting dalam tubuh, supaya organ-organ ini bisa bekerja lebih baik, dibutuhkan tekanan darah lebih. Jadi, ketika lemak perut berkurang, tekanan darah yang dibutuhkan akan menurun drastis.

menjaga tekanan darah untuk mencegah penyakit jantung

menjaga tekanan darah untuk mencegah penyakit jantung

4. Makanlah 250gr kacang-kacangan setiap hari. Kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik, HDL, dan menurunkan radang. Kacang-kacangan juga dapat membantu menyehatkan jantung dengan alasan yang belum jelas. Kacang memiliki kadar asam lemak Omega 3 tinggi, memiliki protein dan serat tinggi.

5. Coba cari tahu kadar HDL anda dan coba tingkatkan sampai di nilai 50. Bagi wanita, nilai HDL tinggi jauh lebih baik daripada LDL rendah. Entah kenapa, tapi yang jelas, makin tinggi nilai HDL, makin bagus (50 sudah termasuk bagus). Cara termudah untuk meningkatkan nilainya adalah olahraga, kurangi minuman keras, makan makanan dengan lemak sehat, misalnya: zaitun, canola. Asam Pantotenat (vit. B5) juga bisa membantu.

6. Janganlah makan minyak jenuh lebih dari 20 gram setiap hari, dan gunakan minyak trans seminimal mungkin. Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Cinnamon roll (roti kayu manis) memiliki 7 gram lemak jenuh. Minyak trans (misalnya dalam mentega atau margarin), sering ditemukan dalam makanan yang diproses atau dipanggang dalam oven.

7. Apakah anda suka minum minuman beralkohol? mulailah untuk mengurangi, sehari segelas saja. Kami sendiri masih belum jelas, tapi minuman beralkohol seperti bir dan anggur memiliki efek anti – radang. Tapi sering ditemukan bahwa mereka yang tidak minum alkohol sama sekali, malah memiliki kemungkinan serangan jantung lebih tinggi daripada mereka yang minum sedikit-sedikit. O yah! minum 7 gelas sehari tidaklah sama efeknya dengna minum 1 gelas tiap hari!

8. Jagalah pola makan anda. Makan 9 porsi sayuran dan buah setiap hari. Buah dan sayuran penuh dengan serat. Coba pelan-pelan tingkatkan jumlahnya dalam 2 – 6 minggu. karena jika jumlahnya meningkat drastis, malah kurang baik hasilnya, dan mempengaruhi pencernaan anda sendiri.

pola makan sehat mencegah penyakit jantung

pola makan sehat mencegah penyakit jantung

9. Gerakkanlah tubuh anda. Paling sederhana adalah dengan berjalan minimal selama 30 menit setiap hari. Berjalan setengah jam setiap hari dapat menurunkan resiko serangan jantung sekitar 30 persen. Ini semacam ujian bagi anda, Jika anda sukses melakukan hal ini, kemungkinan anda mulai akan melakukan kompromi-kompromi yang lain.

10. Istirahatkan pikiran anda, dan hindari stres. Stres memang sangat sulit dihindari jika hidup di kota besar seperti Jakarta yang dikenal karena kemacetan dan kesibukannya. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Sangat disarakan supaya anda dapat menjaga kondisi pikiran anda, dan jangan sampai mengalami stress, karena dengan mencegah stress anda dapat menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

Itulah tadi 10 tips cara mencegah penyakit jantung yang bisa anda terapkan. Langkah-langkah sederhana yang sebenarnya dapat kita lakukan sehari-hari, namun kadang terasa sulit karena tidak ada kemauan dan komitmen untuk hidup sehat, dan menjaga kesehatan jantung kita. Oleh karena itu, mulailah dari sekarang untuk sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jantung, dan melakukan segala upaya untuk mencegah penyakit jantung.

Loading...